#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Arab Saudi Perbanyak Fasilitas Penginapan di Kota Makkah untuk Musim Haji 2024

Kategori : Berita, Lipsus COVID-19, Topik Hangat, Ditulis pada : 02 November 2023, 17:16:02

Umat Muslim menyelenggarakan ibadah haji. (foto:istimewa)

 

HIMPUHNEWS - Sehubungan dengan persiapan untuk menyambut pelaksanaan ibadah haji tahun 1445H/2024M Pemerintah Arab Saudi terus berupaya meningkatkan jumlah bangunan dan penginapan untuk menyambut jemaah haji di kota Makkah.

Osama Zaytuni, juru bicara walikota Mekkah mengatakan sejauh ini telah mengeluarkan izin untuk 3.800 bangunan dengan ukuran dan ruangan berbeda yang akan digunakan untuk menampung jamaah haji pada musim haji mendatang.

Osama Zaytuni memperkirakan akan ada penambahan jumlah bangunan dan penginapan hingga 5.000 bangunan pada musim haji berikutnya.

Dalam keterangannya kepada TV Saudi Al Ekhbariya, Zaytuni mendesak pemilik bangunan yang tempatnya hendak dialokasikan untuk perumahan jemaah agar segera mendaftar untuk menghindari kepadatan yang berlebihan.

Sekitar 1,8 juta juta jemaah haji dari seluruh dunia melaksanakan ibadah haji tahunan di Arab Saudi pada musim haji 1444H/2023M. Hal ini menandai kembalinya jumlah jemaah haji ke tingkat sebelum pandemi.

Adanya aturan baru

Sementara itu padanya penyelenggaraan haji di musim 1445H/2024M pemerintah Arab Saudi baru-baru ini mengungkapkan peraturan baru dengan menekankan persiapan sedini mungkin.

Menteri Haji Saudi Tawfiq Al Rabiah mengatakan salah satu aturan yang mulai diberlakukan adalah tidak ada tempat khusus yang akan diberikan kepada negara-negara di situs-situs suci Arab Saudi.

Dia menjelaskan bahwa tempat untuk negara yang berbeda akan ditentukan tergantung pada penyelesaian kontrak.

“Mulai saat ini, setiap negara akan mulai mempersiapkan ibadah haji tahun depan untuk menjamin pemberian layanan berkualitas tinggi kepada Tamu Allah (jemaah haji),” kata Al Rabiah .

“Negara yang menandatangani kontrak lebih awal akan diberi prioritas untuk mengambil tempat yang sesuai di situs-situs suci (tempat ibadah haji dilaksanakan),” katanya.

Penerbitan Visa haji

Pada penyelenggaraan haji tahun 1445H/2024M Penerbitan visa haji akan dimulai pada tanggal 1 Maret dan berakhir pada tanggal 20 Syawal, bulan ke 10 kalender Islam yang bertepatan dengan tanggal 29 April 2024.

Kedatangan jamaah haji di Arab Saudi akan dimulai pada tanggal 1 Dzul Qaidah, bulan Islam ke-11, bertepatan dengan tanggal 9 Mei.

Mekanisme baru ini diarahkan untuk memfasilitasi persiapan haji, yang merupakan kewajiban Islam.

Sekitar 1,8 juta jamaah haji tahun ini di dan sekitar Mekkah, menurut angka resmi Saudi.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id