#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Waspada! Sebagian Besar Wilayah Saudi Diprakirakan Terjadi Hujan Badai hingga Kamis

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 15 November 2023, 20:39:55

Jeddah-rain.jpg

HIMPUHNEWS - Pusat Meteorologi Nasional (National Center of Meteorology/NCM) Arab Saudi memperkirakan bahwa sebagian besar wilayah Arab Saudi akan dilanda hujan deras hingga badai petir pada hari Senin hingga Kamis (13-16 November 2023). Selain itu beberapa wilayah juga diprediksi akan mengalami badai pasir.
Kamis.

Dilansir dari saudigazette (13/11), dalam laporan terbarunya NCM memperkirakan badai petir disertai badai pasircaktif dengan kecepatan tak kurang dari 50 km/jam akan melanda daerah Jazan, Sabya, Abu Arish, Baysh, FIFA, Al-Raith, Al-Daer, Ahad Al- Masareha, Farasan, Al-Tawal, Samtah, Damad, Al-Harith, dan Haroub Al-Eidabi di wilayah barat daya Jazan serta di Abha, Khamis Mushayt, Bisha, Sarat Ubaid, Ahad Rufaidah, Al-Harjah, Al-Namas , Belqarn, Al-Majaridah, Mahayil, Bariq, Tanumah, Al-Rabou'ah, Rijal Alma', Dhahran Al-Janoub, dan Tarib di wilayah Asir bagian selatan.

Kondisi cuaca yang sama juga akan terjadi di daerah Al-Baha, Baljurashi, Al-Mandaq, Al-Qura, Qilwah, Al-Makhwa, Bani Hassan, Al-Hujra, dan Ghamid Al-Zanad di wilayah Al-Baha. Selain itu di Kota Suci Makkah, Taif, Al-Jamoum, Al-Kamil, Adham, Al-Ardiyat, dan Maysan di wilayah Makkah dan ibu kota Riyadh, Al-Kharj, Al-Muzahmiyah, Ramah, Marat, dan Al-Hareeq di wilayah Riyadh.

NCM memperingatkan akan terjadinya hujan sedang hingga lebat, yang dampaknya akan berupa badai debu kuat dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam, yang menyebabkan hujan lebat dan hujan es di Al-Baha, Baljurashi, Al-Mandaq, Al-Qura, Qilwah, Al-Makhwah, Bani Hassan, Al-Hujra, dan Ghamid Al-Zanad di wilayah Al-Baha dan kota Makkah, Taif, Al-Jamoum, Al-Kamil, Adham Al-Ardiyat, dan Maysan di wilayah Makkah.

Menurut prakiraan NCM, hujan sedang hingga lebat akan terjadi pada hari Selasa dan Rabu di Jeddah, Bahra, Rabigh, Khulais, Allaith, dan Qunfudhah di wilayah Makkah serta di Buraidah, Unayzah, Al-Rass, Al-Bukayriyah, Al -Asyah, Riyadh Al-Khubara, Uqlat Al-Suqour, Al-Bada'i, Al-Nabhaniya, Dhariya, dan Al-Muthanna di wilayah Qassim, selain Hafr Al-Batin, Al-Khafji, Al-Qaryat Al -Olayya, dan Al-Nairiyah di Provinsi Timur.

Kondisi cuaca yang sama diperkirakan akan terjadi pada hari Rabu dan Kamis di Jubail, Dammam, Abqaiq, Al-Ahsa, Al-Udayd, dan Al-Khobar di Provinsi Timur, serta di Shaqra, Al-Dawadmi, Afif, Thadiq, Al-Ghat, Al-Zulfi, Al-Majma'ah dan Al-Quwaieyah di Provinsi Timur, selain Al-Khurma, Turabah, Raniyah, dan Al-Mawiya di wilayah Makkah.

NCM menyatakan bahwa situasi hujan akan terus berlanjut di sebagian besar wilayah Kerajaan hingga pertengahan minggu depan. Ia meminta masyarakat dan para pengunjung untuk mengikuti instruksi dari pihak berwenang terkait dan mengikuti informasi cuaca melalui layanan pusat dan saluran media.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id