#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Umrah ke Makkah, Jangan Lupa Kunjungi Distrik Budaya Hira!

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 22 November 2023, 08:45:19

IMG_4615.png

HIMPUHNEWS - Pada Januari 2023 lalu, Pangeran Khaled Al-Faisal, Amir Makkah dan penasehat Penjaga Dua Masjid Suci meresmikan Distrik Budaya Hira yang terletak di kaki Jabal Nur atau tempat keberadaan Gua Hira di Makkah. Proyek ini dilaksanakan oleh sebuah perusahaan investasi, di bawah pengawasan Royal Commission for Makkah City and Holy Sites.

Memasuki masa liburan sekolah dan musim puncak umrah pada akhir tahun, Distrik Budaya Hira menawarkan banyak kegiatan yang menyenangkan kepada pengunjung maupun jemaah umrah.

Memanfaatkan cuaca yang menyenangkan setelah hujan baru-baru ini di kota suci, pengunjung dapat meilhat berbagai atraksi di Hira Nights, yang diselenggarakan oleh Distrik Kebudayaan Hira.

IMG_4617.png
Distrik Budaya Hira sudah dilengkapi fasilitas penunjang  seperti restoran, kafe, dan toko, di mana pengunjung dapat membeli oleh-oleh yang mencerminkan esensi kawasan tersebut, sambil menikmati pemandangan Gunung Hira yang menakjubkan.

Pengunjung dapat datang saat  jam berkunjung pada  pukul 08.00 hingga 01.00 sepanjang pekan ini.

Dilansir dari Arabnews pada Rabu (22/11) Distrik ini, yang memiliki luas 67.000 meter persegi, memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada semua orang dan bertujuan untuk menawarkan pengalaman khas yang merayakan warisan budaya dan sejarah wilayah tersebut.

Terdapat pula Pameran ‘Wahyu’ yang menceritakan kisah Wahyu kepada para nabi, hingga Utusan Tuhan Terakhir. Ini akan membawa pengunjung dalam perjalanan audio-visual yang memperkaya pengetahuan, seperti Museum Alquran yang merupakan museum pertama yang mengkhususkan diri pada Kitab Suci di Makkah. 

IMG_4618.png

Tujuan utama Distrik Budaya Hira adalah untuk meningkatkan perjalanan keagamaan dan budaya jamaah umrah sejalan dengan tujuan Visi Saudi 2030.

Berfungsi sebagai objek wisata dan landmark budaya, distrik ini menyediakan lingkungan yang ramah bagi penduduk dan pengunjung Mekah.

Fawaz Al-Mehrij, CEO Samaya Investment Co., pengembang dan operator Distrik Budaya Hira, mengatakan bahwa distrik tersebut tertarik untuk membangun jembatan dengan jamaah umrah, pengunjung, dan seluruh lapisan masyarakat.

Al-Mehrij mengatakan distrik tersebut baru-baru ini bekerja sama dengan Komisi Warisan, yang berafiliasi dengan Kementerian Kebudayaan, untuk menyelenggarakan acara khusus bagi para pengrajin.

Acara ini menampilkan kegiatan untuk anak-anak dan keluarga, pameran, pameran mobil klasik dan banyak lagi.

Ibrahim Obaidan, pengawas kegiatan siswa di sebuah sekolah menengah di Makkah dan koordinator perjalanan pendidikan, mengatakan Distrik Budaya Hira telah berkembang menjadi tujuan pengetahuan dan eksplorasi, di mana generasi muda dapat belajar tentang sejarah Islam, antara lain.

“Siswa memperoleh ilmu berharga dari berbagai kegiatan yang menampilkan keindahan warisan budaya dan kemanusiaan, yang pada akhirnya memperluas kesadaran mereka dan membina hubungan dengan kekayaan sejarah bangsa yang luar biasa ini,” ujarnya.

Menurut Nawaf Al-Harbi, perajin batu permata, Distrik Budaya Hira berhasil mempertemukan perajin dari berbagai latar belakang, pengunjung, dan peziarah.

“Para perajin memamerkan karya mereka dan menghubungkan pengunjung dengan warisan Makkah,” katanya.

“Distrik menyediakan banyak fasilitas bagi para pengrajin untuk memamerkan produk mereka, dan hal ini sangat diapresiasi oleh semua orang.”

Jamaah umrah, tambah Al-Harbi, terkesan dengan keindahan karya yang dipamerkan, menjadikan Distrik Budaya Hira sebagai festival budaya yang wajib dikunjungi bagi semua peminat produk artisanal.

Untuk diketahui Distrik Budaya Hira adalah destinasi wisata dan budaya yang menunjukkan kepedulian Arab Saudi terhadap situs bersejarah. Proyek ini sangat terkait dengan Gunung Nur dan Gua Hira, di mana ayat-ayat pertama Alquran diturunkan kepada Nabi SAW dan mencapai tempat yang dihormati di hati umat Islam di seluruh dunia.

Landmark tersebut mencakup pameran yang membawa pengunjung dalam perjalanan pengetahuan untuk mengenal gua yang didukung dengan teknologi audio dan video terbaru. Pengunjung bisa menikmati menonton gua Hira melalui model gua yang dieksekusi dalam dimensi alaminya.

Proyek ini direncanakan menjadi tempat yang cocok untuk keluarga dengan semua anggotanya, karena isinya tidak terbatas pada orang dewasa saja. Sebaliknya, aula dialokasikan untuk anak-anak karena memungkinkan mereka untuk mendapatkan hiburan dan pengetahuan secara bersamaan. Selain itu, pengunjung dapat menikmati Taman Hira di mana terdapat beberapa kafe, restoran, dan fasilitas layanan dan komersial lainnya.

Saudi menyebut proyek ini adalah tahap pertama dari proyek Distrik Budaya Hira, yang diawasi oleh Komisi Kerajaan untuk Kota Makkah dan Tempat Suci bekerja sama dengan Emirat Makkah, Kementerian Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, Walikota Makkah, Layanan Haji Program dan Pembesar Umum Wakaf.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id