#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Temui Arsitek Kenamaan, Emir Madinah Segera Mulai Proyek Perluasan Masjid Quba

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 24 November 2023, 09:08:19

2181153.jpg

HIMPUHNEWS - Pada April tahun 2022 lalu Perdana Menteri Arab Saudi sekaligus Putra Mahkota Mohammed bin Salman meluncurkan proyek Raja Salman untuk memperluas Masjid Quba di Madinah. Proyek ini disebut sebagai yang terbesar dalam sejarah.

Proyek perluasan Masjid Quba dan pengembangan kawasan sekitarnya bertujuan untuk meningkatkan total luas masjid menjadi 50.000 meter persegi, 10 kali lipat dari luas saat ini.

Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (24/11), mengingat proyek perluasan ini yang terbesar dalam sejarah masjid, targetnya bangunan ibadah ini mampu menampung hingga 66.000 jamaah.

Tak hanya itu, proyek ini juga memiliki tujuan untuk melestarikan gaya perkotaan dan arsitekturnya. Di sisi lain, sebagai upaya melindungi dan melestarikan monumen bersejarah yang terletak di dekat masjid.

Menindaklanjuti langkah tersebut, Emir Madinah Pangeran Faisal bin Salman melakukan pertemuan dengan arsitek kenamaan Dr. Rasem Badran di Madinah pada Kamis (23/11) untuk mempersiapkan desain Perluasan Masjid Quba.

Dalam pertemuan tersebut, Pangeran Faisal bin Salman yang juga Ketua Otoritas Pembangunan Wilayah Madinah (MRDA) memuji perhatian besar yang diberikan Raja Salman terhadap Masjid Quba.

“Proyek yang dilaksanakan MRDA ini bertujuan untuk menampung jamaah sebanyak-banyaknya pada saat peak season. Hal ini selain menyoroti pentingnya keagamaan, mendokumentasikan karakteristik sejarahnya, melestarikan gaya perkotaan dan arsitekturnya, serta meningkatkan dan melestarikan monumen bersejarah yang terkait dengannya,” kata emir.

Pangeran Faisal bin Salman berbicara tentang pentingnya menyelesaikan semua pekerjaan desain rinci untuk proyek tersebut pada periode mendatang, dengan mempertimbangkan kelangsungan shalat di masjid selama periode pelaksanaan proyek. Berdasarkan rencana, masjid yang ada akan dilestarikan dengan menjaga seluruh aspek lingkungan, budaya, ekonomi dan sosial.

Pertemuan tersebut menyaksikan peninjauan peran komite, yang mencakup sejumlah arsitek senior yang berspesialisasi dalam bidang arsitektur dan pengembangan masjid bersejarah, untuk mengembangkan ide awal untuk merancang proyek dan merumuskan ide-ide teknik dengan cara yang sepadan dengan tujuan. sifat proyek dan status bangunan bersejarah Islam ini. Hal ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman pengunjung dan mengembangkan serta menghidupkan kembali situs dan monumen Nabi dalam lingkup masjid dan halamannya.

Proyek perluasan ini bertujuan untuk mengakomodasi jumlah jamaah terbesar selama musim puncak dan menyoroti pentingnya keagamaan. Karakteristik sejarah Quba Center dengan gaya perkotaan dan arsitekturnya akan dilestarikan, dan monumen bersejarah yang terletak di dekat masjid akan dilindungi.

Badran dianggap sebagai salah satu tokoh arsitektur Arab kontemporer, dengan catatan karir luar biasa penuh prestasi dan pengalaman dengan mengerjakan desain detail Proyek Raja Salman untuk Perluasan Masjid Quba dan pengembangan kawasan sekitarnya, selain proyek pengembangan kawasan Khandaq di Madinah.

Badran adalah pemegang gelar teknik arsitektur dari Universitas Teknologi Darmstadt di Jerman. Ia merupakan warga negara Yordania keturunan Palestina namun pada tahun 2022 ia memperoleh kewarganegaraan Saudi sebagai penghargaan atas prestasinya di bidang arsitektur di Arab Saudi. Dia telah memenangkan Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur, diterima untuk desain Masjid Pangeran Turki bin Abdullah di Riyadh, Qasr Hukm, dan pembangunan kembali Pusat Kota Tua Riyadh.

Dewan Menteri menyetujui pada Juli 2022 pengalihan tugas pengawasan Masjid Quba ke MRDA, bukan Kementerian Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan. Masjid Quba merupakan masjid pertama yang diawasi oleh otoritas sekaligus dianggap sebagai masjid terbesar kedua setelah Masjid Nabawi di wilayah Madinah. Dengan selesainya proyek perluasan tersebut, Masjid Quba akan menjadi masjid terbesar ketiga di Arab Saudi, dari segi kapasitas setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id