#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Pemimpin Negara Teluk Sepakat Bentuk Visa Turis Terpadu, Bisa Kunjungi 6 Negara hanya dengan 1 Visa

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 07 Desember 2023, 12:10:00

gulf-cooperation-council-gcc-flags.jpg

HIMPUHNEWS - Negara-negara Dewan Kerjasama Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC) telah menyetujui Visa Turis Terpadu (Unified Tourist Visa), yang akan memberikan kebebasan pergerakan wisatawan dan pengunjung antar negara-negara Teluk yakni Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Bahrain dan Oman.

“Persetujuan Gulf Unified Tourist Visa merupakan langkah bersejarah yang mencerminkan komitmennya untuk meningkatkan kerja sama dan memperdalam hubungan di bidang pariwisata dan berbagai sektor,” kata Menteri Pariwisata Saudi Ahmed Al Khateeb setelah sistem visa terpadu disetujui oleh Dewan Tertinggi GCC dikutip dari ArabNews pada Kamis (07/12).

“Hal ini juga akan meningkatkan status negara-negara Teluk sebagai tujuan wisata global yang terkemuka,” imbuh dia.

Dia menekankan bahwa persetujuan visa ini sejalan dengan perkembangan dan kemajuan yang disaksikan oleh negara-negara GCC di berbagai tingkatan, dan hal ini akan berdampak efektif pada penguatan konektivitas dan integrasi yang diinginkan antar negara.

Ia menambahkan Visa ini akan berkontribusi dalam memfasilitasi pergerakan wisatawan dan pengunjung antar negara Dewan, sehingga meningkatkan peran pariwisata sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi dan membuka peluang baru untuk investasi di sektor pariwisata di setiap negara anggota.

Al Khateeb juga menyoroti keinginan Kementerian Pariwisata Kerajaan untuk berkolaborasi erat dengan rekan-rekannya di negara-negara Teluk untuk memastikan implementasi dan koordinasi langkah ini dengan cara terbaik, sehingga dapat melayani sektor pariwisata dan ekonomi di wilayah tersebut.

Persetujuan visa terpadu Teluk ini merupakan puncak dari upaya yang dipimpin Kerajaan Arab Saudi ketika para menteri pariwisata di Dewan Kerja Sama Teluk mengadopsi Strategi Pariwisata Teluk dalam pertemuan mereka di Al-Ula pada November tahun lalu. Salah satu hasil yang paling signifikan adalah Visa Turis Teluk Terpadu (Unified Gulf Tourist Visa), dimana Kerajaan Arab Saudi memimpin dalam menetapkan kerangka legislatif untuk visa tersebut.

Pengumuman ini menegaskan kembali peran kepeloporan Kerajaan dalam menciptakan inisiatif kualitatif yang berkontribusi meningkatkan status negara-negara Teluk sebagai tujuan wisata terpadu di kawasan.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id