#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Jemaah Harus Tahu, Ini Beberapa Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan Sebelum Melaksanakan Umrah

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 14 Desember 2023, 14:52:05

kepadatan-masjidil-haram-177q9-dom.jpg

HIMPUHNEWS - Umrah adalah ibadah yang sering disebut juga sebagai haji kecil. Hal ini karena cara pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan ibadah haji. Dalam melaksanakannya, terdapat rukun wajib untuk diikuti, di antaranya meliputi niat ihram, thawaf, sai, tahalul, dan tertib. Rukun umrah tidak boleh ditinggalkan karena dapat membuat ibadah yang dilakukan menjadi cacat alias tidak sempurna.

Sementara itu, sebelum pelaksanaan umrah juga terdapat beberapa kesunahan yang bisa dijalankan jemaah. Merujuk pada buku Hadis Ahkam oleh Hikmatullah, berikut beberapa sunnah sebelum berangkat umrah:

1. Menghilangkan semua kotoran badan, kuku, rambut ketiak, dan rambut kemaluan
2. Mandi untuk ihram
3. Memakai wangi-wangian untuk badan saja (sebelum niat)
4. Memakai kain ihram dan selendang putih untuk laki-laki
5. Mengerjakan salat sunnah ihram sebanyak dua rakaat sebelum berniat ihram
-Merujuk pada buku Fiqh Sunnah oleh Sayyid Sabiq, pada saat rakaat pertama membaca surah Al-Fatihah dan surah Al-Kafirun -Sedangkan pada rakaat kedua membaca surah Al-Fatihah dan surah Al-Ikhlas.

Ibnu Umar RA berkata, "Rasulullah SAW melakukan salat dua rakaat di Dzulhulaifah" (HR Muslim). Salat fardhu sudah dapat mencukupi dua rakaat sebagaimana mencukupi salat Tahiyatul Masjid.

6. Membaca bacaan Talbiyah

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ

Bacaan latin: Labbaikallahumma labbaik, labbaika la syarika laka labbaik, innal-hamda wan-ni'mata laka wal-mulk, la syarika lak

Artinya: "Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya pujian dan nikmat adalah milik-Mu, begitu pula kerajaan (juga milik-Mu)."

7. Memperbanyak bacaan Talbiyah selama dalam keadaan ihram
8. Membaca doa-doa yang dianjurkan Nabi SAW

Keutamaan Ibadah Umrah

Dirangkum dari buku Manasik Umrah & Doa Menurut al-Qur-an dan as-Sunnah oleh Mubarak bin Mahfudh Bamuallim, berikut beberapa keutamaan umrah:

1. Sebagai pelebur dosa

Rasulullah SAW bersabda, "Umrah yang disusul dengan umrah berikutnya adalah pelebur dosa (yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan baginya selain Surga." (HR Bukhari dan Muslim)

2. Doa orang yang umrah dikabulkan Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda, "Orang-orang yang melaksanakan haji dan umrah adalah para delegasi Allah, Dia memanggil mereka, mereka pun menjawab (panggilan) Nya, dan mereka memohon kepada-Nya, Dia pun memberikan permohonan mereka."

3. Umrah adalah jihad para wanita

Aisyah RA bertanya kepada Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah, apakah wanita wajib berjihad?" Beliau menjawab, "Mereka wajib jihad yang tiada peperangan di dalamnya (yaitu) haji dan umrah." (HR Ibnu Khuzaimah)

4. Menghilangkan kemiskinan

Rasulullah SAW bersabda, "Iringilah (pelaksanaan) haji dengan umrah, karena keduanya melenyapkan kefakiran dan dosa-dosa, sebagaimana alat pandai besi menghilangkan karat yang ada pada besi, emas, dan perak." (HR An Nasa'i)

5. Orang yang umrah adalah tamu Allah SWT

"Delegasi Allah ada tiga; orang yang menunaikan haji, orang yang berumrah, dan orang yang berperang." (HR Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban)

 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id