#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Makkah Resmikan Jalur Pendakian Baru ke Gua Hira, Jalannya Lebih Aman dan Sudah Beraspal !

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 20 Desember 2023, 08:00:12

Cave-of-Hira-2-1024x768.jpg

HIMPUHNEWS - Tahap pertama perombakan jalur Gua Hira telah diresmikan di Makkah, yang mencakup peningkatan akses bagi pejalan kaki dan kendaraan bermotor. Perwakilan dari Distrik Kebudayaan Hira di Makkah mengumumkan tahap awal proyek transformatif ini baru-baru ini.

Gua Hira adalah situs keagamaan tempat diturunkannya ayat-ayat pertama Al-Qur'an, dan sangat penting bagi umat Islam.

Dilansir dari Arab News pada Rabu (20/12), Proyek ini sejalan dengan visi yang lebih luas dari Visi Saudi 2030, yang berfokus pada penyediaan pengalaman mendalam dan mendidik bagi jamaah umrah dan haji serta pengunjung.

Pendakian beraspal menuju gua, dimulai dari kaki Gunung Hira, menawarkan penyimpangan dari jalur tradisional yang sulit karena memastikan pengalaman bertahap dan menarik secara visual.

Fawaz Al-Mehrij, CEO Samaya Investment Co., pengembang dan operator Distrik Budaya Hira, mengatakan pengembangan lebih lanjut akan menyusul.

Al-Mehrij mengatakan fitur-fitur baru yang ditingkatkan mencakup jalur yang diterangi, kamera pengintai, dan pusat panduan, semuanya tanpa mengganggu akses ke jalur lama.

4146311-803307747.jpeg

Untuk keamanan, pembatas dipasang di sepanjang bahu jalan. Jalur baru tersebut terdiri dari bagian kendaraan yang mengangkut pengunjung ke titik yang telah ditentukan. Bagian lain memungkinkan akses berjalan kaki ke Gua Hira dalam 15 menit. Ada jalur beraspal lain yang lebih panjang untuk pejalan kaki, yang memakan waktu 40 menit.

Al-Mehrij menggarisbawahi kelemahan keamanan jalur lama karena tangganya yang melelahkan. Proyek yang sedang berjalan ini meningkatkan aksesibilitas dan mencakup kios layanan yang melayani beragam kebutuhan pengunjung selama pendakian, tambahnya.

Meski jalan tersebut belum rampung, namun progresnya sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Tahapan selanjutnya dalam beberapa bulan mendatang diharapkan dapat membawa seluruh proyek membuahkan hasil, katanya.

Al-Mehrij mengatakan uji coba menunjukkan jalur baru akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung. Dan ada juga kendaraan darurat yang ditempatkan di sepanjang jalan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan layanan kesehatan.

Distrik Budaya Hira menampilkan museum dan pameran dalam berbagai bahasa. Hal ini diawasi oleh Komisi Kerajaan untuk Kota Suci Makkah dan Situs Suci.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id