#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Sambut Musim Haji 2024, Saudi Terbitkan 166 Ijin Bangunan Untuk Tempat Tinggal Jemaah Haji

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 20 Desember 2023, 09:00:07

Saudi-Mecca-clock-_17245bb99a8_large.jpg

HIMPUHNEWS - Pihak berwenang di kota Mekah, Saudi, sejauh ini telah mengizinkan 166 bangunan untuk menampung jamaah haji selama ibadah haji tahun depan.

Dikutip dari gulfnews pada Rabu (20/12), Perizinan tersebut diberikan oleh komite perumahan haji di kota tersebut yang akan terus menerima permohonan perizinan lebih banyak bangunan serupa hingga bulan depan sebagai bagian dari persiapan awal untuk ibadah haji tahunan.

Bangunan berlisensi terdiri dari total 26.710 kamar yang dirancang untuk menampung 1.116.697 jamaah. Jumlah bangunan untuk jamaah haji di Mekah, yang dikenal sebagai Ibukota Suci, diperkirakan akan melebihi 5.000 bangunan.

Komite telah mendesak pemilik bangunan, yang ingin mendapatkan izin untuk menjadikannya sebagai tempat tinggal jamaah, untuk menghubungi kantor teknik terakreditasi yang memeriksa kepatuhan mereka terhadap persyaratan terkait.

Hampir 2 juta jamaah haji dari seluruh dunia menunaikan ibadah haji, yang merupakan kewajiban umat Islam, tahun ini, menandai kembalinya jumlah mereka ke tingkat sebelum pandemi.

Arab Saudi baru-baru ini mengungkapkan peraturan untuk musim haji mendatang yang dijadwalkan pada Juni mendatang dan menekankan persiapan awal.

Menurut aturan ini, tidak ada tempat khusus yang akan diberikan kepada negara-negara di tempat suci Saudi pada musim ziarah baru, kata Menteri Haji Saudi Tawfiq Al Rabiah.

Dia menjelaskan bahwa tempat untuk negara yang berbeda akan ditentukan tergantung pada penyelesaian kontrak.

“Mulai sekarang, setiap negara akan mulai mempersiapkan ibadah haji tahun depan untuk menjamin pemberian layanan berkualitas tinggi kepada Tamu Allah (jamaah),” kata Al Rabiah.

“Negara yang menandatangani kontrak awal akan diberi prioritas untuk mengambil tempat yang sesuai di tempat-tempat suci,” tambah pejabat itu.

Penerbitan visa haji akan dimulai pada tanggal 1 Maret dan berakhir pada tanggal 20 Syawal, bulan ke 10 kalender Islam yang bertepatan dengan tanggal 29 April. Kedatangan jamaah haji di Arab Saudi akan dimulai pada tanggal 1 Dzul Qaidah, tanggal 11 Islam. bulan, sesuai dengan 9 Mei.

Mekanisme baru ini diarahkan untuk memfasilitasi persiapan haji, yang merupakan kewajiban Islam.

Sekitar 1,8 juta jamaah haji tahun ini di dan sekitar Mekkah, menurut angka resmi Saudi.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id