#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Angka Kematian Haji Tinggi, Kemenkes Perbaiki Layanan Rumah Sakit Haji

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 16 Januari 2024, 10:08:09

Rumah_Sakit_Haji_Jakarta.jpg

HIMPUHNEWS - Berkaca dari tingginya angka kematian jemaah haji Indonesia, Menteri Kesehatan (Menkes) RI bertekad meningkatkan layanan rumah sakit haji. Hal itu disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin usai melakukan kunjungan ke RSUD Haji di Surabaya.

“Tetap harus meningkatkan layanan untuk masyarakat umum, dan Rumah Sakit Haji ini harus memastikan bahwa jemaah haji sehat. Karena kematian dari jemaah haji Indonesia itu paling tinggi daripada jemaah haji dari semua negara di dunia,” ucap Menkes Budi dalam keterangan resmi, yang dikutip himpuhnews, Selasa (16/1/2024).

Menurut Budi, secara personal, Menteri Kesehatan Arab Saudi menyampaikan langsung kepadanya tentang tingginya jumlah kematian jemaah haji Indonesia. Menkes khawatir, jika kondisi itu terus terjadi, kuota jemaah haji dari Indonesia kemungkinan akan dikurangi.

Karena itu, ia menilai harus ada peningkatan dari sisi pelayanan kesehatan untuk masyarakat umum, khususnya jemaah haji. “Kami harus memperbaiki, gimana caranya semua rumah sakit harus bisa memastikan bahwa sebelum mereka (jemaah haji) berangkat, harus sehat,” ujar Menkes Budi.

Diketahui, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Surabaya telah terintegrasi ke dalam satu paltform SatuSehat. Atas hal itu, Menkes Budi mengapresiasi RSUD Haji Surabaya.

Menkes Budi mengatakan, integrasi itu membuat RSUD Haji setara dengan rumah sakit-rumah sakit besar vertikal milik Kementerian Kesehatan. “Saya kagum karena ini (integrasi ke SatuSehat) dibikin oleh tenaga-tenaga dari RS Haji sendiri,” kata Menkes Budi.

Menurut pantauan Menkes, Rumah Sakit Haji sudah mengintegrasikan datanya di bagian rawat jalan. Dengan demikian, data kunjungan, data diagnosa, dan tanda-tanda vital pasien sudah terintegrasi ke SatuSehat.

Usai melihat infrastruktur dan fasilitas di RS Haji, Menkes Budi berharap pihaknya dapat membantu memodernisasi RS tersebut. Tahun ini, RS Haji akan mengintegrasikan data kefarmasian mulai dari resep obat dan penjualan obatnya.

"Saat ini, progres integrasi data kefarmasian itu sedang proses pemetaan atau mapping. Ke depan, RS Haji juga akan mengintegrasikan layanan radiologi dan layanan kesehatan lainnya," ujar Menkes.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id