#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Kasus Covid-19 Melonjak, Arab Saudi Himbau Masyarakat dan Pengunjung Gunakan Masker di Tempat Umum

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 19 Januari 2024, 09:12:11

Stock-Saudi-Airport_17a19a5f939_large.jpg

HIMPUHNEWS - Otoritas Kesehatan Arab Saudi Saudi menghimbau kepada semua warganya dan para pengunjung hingga jemaah umrah untuk menggunakan  masker di tempat-tempat ramai untuk menghindari infeksi saluran pernapasan, setelah kasus infeksi varian baru COVID-19 melonjak.

“Penting untuk memakai masker saat pergi ke tempat keramaian untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari infeksi saluran pernapasan,” kata Otoritas Kesehatan Masyarakat (PHA) dalam postingan X seperti dikutip dari gulfnews, Jumat (19/01).

Awal bulan ini, PHA mengumumkan ketersediaan vaksin terbaru untuk melawan COVID-19 dan merekomendasikan kelompok rentan untuk mendapatkannya.

Kategori-kategori ini ditetapkan sebagai wanita hamil; orang berusia 50 tahun ke atas; praktisi kesehatan yang berhadapan langsung dengan pasien; penderita penyakit imunosupresif kronis termasuk kanker aktif; dan mereka yang berisiko tertular akibat obesitas berlebihan.

Vaksin terbaru untuk melawan COVID-19 digunakan untuk mencegah komplikasi penyakit dan efektif melawan varian yang umum, PHA menyatakan bahwa vaksin tersebut diperbolehkan untuk orang berusia di atas 18 tahun dan dapat digunakan berapa pun jumlah dosis sebelumnya.

Bulan lalu, otoritas kesehatan Saudi mengatakan mereka telah mendeteksi varian JN.1 dari COVID-19 secara lokal, namun mengatakan hal itu tidak perlu dikhawatirkan.

PHA mengatakan pada saat itu pihaknya telah memantau penyebaran lokal varian JN.1, yang mencakup 36 persen kasus di negara tersebut.

“Hal ini tidak dibarengi dengan peningkatan jumlah pasien yang masuk ke unit perawatan intensif,” kata Weqya, lembaga pemerintah.

Arab Saudi secara bertahap mencabut pembatasan terkait pandemi, membuka kembali berbagai bisnis dan aktivitas di negara tersebut.

Tahun lalu, sekitar 1,8 juta umat Islam menghadiri ibadah haji tahunan di Arab Saudi untuk pertama kalinya dalam tiga tahun setelah pembatasan yang disebabkan oleh pandemi ini dicabut.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id