#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Saudi Siapkan 21 Ribu Bus untuk Angkut Jemaah Haji 2024

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 22 Januari 2024, 11:56:27

HIMPUHNEWS - Arab Saudi terus mengebut perisapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445H/2024M. Salah satunya adalah dengan menyiapkan tak kurang dari 21.000 bus untuk layanan transportasi jamaah haji selama musim haji yang akan dimulai pada 9 Mei 2024 mendatang.

Juru bicara Sindikat Umum Mobil Saudi Ruba Al Ghusn mengatakan serikat tersebut bertujuan untuk mengangkut sekitar 2 juta jamaah tahun ini.

“Jumlah bus untuk ini hingga saat ini mencapai 21.000 bus dari 65 perusahaan,” katanya kepada TV berita Saudi Al Ekhbariya seperti dikutip dari gulfnews pada Senin (22/01/2024).

“Kami memenuhi syarat perusahaan-perusahaan ini dengan menyusun rencana operasional dan memastikan bahwa bus-bus ini dipersiapkan dengan baik,” tambahnya.

Arab Saudi telah memulai persiapan awal untuk ibadah haji tahun ini yang dijadwalkan pada bulan Juni dan meluncurkan operasi terkait awal bulan ini.

Hampir 2 juta jamaah haji dari seluruh dunia tahun lalu menunaikan ibadah haji di dan sekitar kota suci Mekkah di Saudi, menandai kembalinya jumlah mereka ke tingkat sebelum pandemi.

Arab Saudi sudah menetapkan aturan untuk haji tahun ini. Berdasarkan aturan ini, tidak ada tempat khusus yang akan diberikan kepada negara-negara di tempat suci pada musim haji baru.

Sebaliknya, tempat untuk negara yang berbeda akan ditentukan tergantung pada penyelesaian kontrak.

“Negara yang menandatangani kontrak lebih awal akan diberi prioritas untuk mengambil tempat yang sesuai di tempat-tempat suci,” kata Kementerian Haji Saudi Tawfiq Al Rabiah.

Penerbitan visa haji akan dimulai pada tanggal 1 Maret dan berakhir pada tanggal 20 Syawal, bulan ke 10 kalender Islam yang bertepatan dengan tanggal 29 April.

Kedatangan jamaah haji di Arab Saudi akan dimulai pada hari pertama Dzul Qaidah, bulan Islam ke-11, bertepatan dengan tanggal 9 Mei.

Mekanisme baru ini diarahkan untuk memfasilitasi persiapan haji, yang merupakan kewajiban Islam.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id