#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Hadirkan Kenyamanan Beribadah, Saudi Lengkapi Masjid Nabawi dengan 25 Ribu Karpet Terbaik

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 24 Januari 2024, 08:06:52

sns1szcnx8osew93nwzh.jpg

HIMPUHNEWS - Sebagai upaya untuk terus memberikan layanan dan pengalaman terbaik dalam beribadah kepada para jemaah, Arab Saudi telah melengkapi Masjid Nabawi di Madinah dengan lebih dari 25.000 karpet.

Dikutip dari Kantor Berita Saudi SPA pada Rabu (24/01), Karpet-karpet tersebut diletakkan di dalam masjid, halamannya, dan bagian atapnya, dan disterilkan serta diberi wewangian setiap hari dengan jenis penyegar terbaik untuk memastikan karpet tersebut bersih dan wangi bagi jamaah.

Karpet mewah dibedakan berdasarkan kekuatan dan ketebalannya. Setiap karpet memiliki chip elektronik untuk melacak lokasinya dan waktu pembersihan, pewangi, pengangkatan, dan pemindahan untuk tujuan pencucian dan sterilisasi.

Karpet masjid Nabawi yang umumnya berwarna hijau  tersebut memang sangat populer di kalangan jemaah karena tebal, adem, dan empuk. Tak ayal, banyak yang kemudian menjual karpet yang mirip atau tiruannya.

4193776-508110694.png

Pengelola Masjid Nabawi di situs resminya menjelaskan, karpet di Masjid Nabawi termasuk di antara karpet mewah Arab Saudi yang berkualitas tinggi, yang ditandai dengan adanya cip elektronik pada setiap helai karpet.

Cip itu dibaca dengan alat Radio Frequency Identification (RFID) yang terhubung ke sistem elektronik. Di dalamnya berisi informasi tentang karpet sejak pembuatannya, penggunaan, lokasi dan waktu pencuciannya, menghitung jumlah karpet dan mengidentifikasi setiap sampel karpet satu per satu.

Informasi tersebut dicetak dengan barcode atau kode digital. Hal ini memungkinkan pelacakan karpet dengan mudah. Proses gerakan karpet di dalam Masjid Nabawi dan di halaman bisa diketahui dengan detail.
 
Departemen Disinfeksi dan Karpet Masjid Nabawi memberi perhatian pada karpet di masjid bangunan lama karena banyaknya peziarah atau jemaah di dalamnya.
uv7axi4l9e2tsr4dikip.jpg
 
Seperti diketahui, bangunan lama masjid memang menjadi favorit jemaah. Arsitektur di bangunan lama sungguh indah, dan yang utama di sini terdapat tempat mustajab Raudhah dan makam Nabi Muhammad SAW. Raudhah disebut dalam hadis Nabi sebagai "taman surga".
 
Jemaah mesti antre untuk beribadah di dua situs tersebut. Dari luar, bangunan lama masjid ditandai dengan kubah berwarna hijau.
 
Arab Saudi sendiri tekah mengumumkan aturan terbaru terkait kunjungan Raudhah. Dimanakerajaan membatasi kunjungan jemaah haji atau umrah sekali dalam setahun.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan bahwa izin kunjungan ke tempat yang dihormati ini dikeluarkan setiap 365 hari.

Kementerian juga menekankan bahwa izin kunjungan harus diterbitkan secara elektronik melalui aplikasi Nusuk atau Tawakklna, dengan syarat pemohon tidak terinfeksi Covid-19 dan tidak berinteraksi dengan pasien. Jemaah yang ingin mengunjungi dan berdoa di Raudhah harus mendapatkan izin resmi sebelum kedatangan.

Raudhah.png

Raudhah sendiri merupakan sebuah area di dalam Masjid Nabawi yang lokasinya berada di antara rumah Rasulullah SAW dan mimbar yang digunakan untuk berdakwah. Sebagaimana diketahui, rumah Rasulullah SAW saat ini menjadi makam beliau.

Area ini disebut juga sebagai lokasi yang mustajab untuk memanjatkan doa. Raudhah menjadi begitu spesial dan sangat diincar oleh kaum muslim dari seluruh dunia lantaran di tempat itulah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu, memimpin sholat berjamaah, sampai melakukan ibadah.

Dengan Masjid Nabawi terus mengalami pelebaran, Raudhah kini cuma menjadi satu bagian kecil dari keseluruhan area masjid. Dicukil dari berbagai sumber, luas Raudhah sekitar 330 meter persegi. Area ini memanjang dari arah timur sampai barat sepanjang 22 meter dan dari arah utara ke selatan sepanjang 15 meter.

 
 

 
messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id