#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Arab Saudi Targetkan 150 Juta Kunjungan Wisatawan pada Tahun 2030

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 24 Januari 2024, 13:22:21

Saudi-Tourism.jpg

HIMPUHNEWS - Menteri Pariwisata Arab Saudi Ahmed Al-Khateeb mengatakan Kerajaan menargetkan dapat menarik 150 juta turis mancanegara pada tahun 2030. Jika tercapai, maka sektor pariwisata akan diperkirakan dapat menyumbang SR750 miliar bagi perekonomian nasional.

“Kami memiliki visi dan rencana untuk menyediakan infrastruktur dan layanan serta segala sesuatu yang dicari wisatawan. Arab Saudi akan menjadi salah satu negara terpenting di dunia dalam sektor pariwisata dan perjalanan setelah selesainya proyek infrastruktur,” kata Al-Khateeb saat berpidato di Real Estate Future Forum di Riyadh seperti dikutip dari saudigazette Rabu (24/01). 

Ia  menyebut bahwa Arab Saudi ingin memastikan keterlibatan elemen manusia Saudi di sektor pariwisata, dan Adanya permintaan yang sangat besar dari putra-putri negara untuk bekerja di sektor ini.

Dalam kesempatan tersebut, Al-Khateeb juga mengucapkan selamat kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota serta Perdana Menteri Mohammed bin Salman atas pemulihan yang dicapai Arab Saudi dalam jumlah kunjungan wisatawan selama tahun 2023 sebesar 156 persen, dibandingkan tahun 2019, melebihi tahun 2023. tingkat pemulihan global dari dampak pandemi sebesar 88 persen.

Ia mencatat, keberhasilan yang diraih di sektor pariwisata menegaskan bahwa strategi dan rencana yang dikembangkan kini berjalan dengan baik. Tahun lalu kontribusi sektor ini meningkat menjadi 4,5 persen terhadap PDB, dan tujuh persen terhadap PDB non-minyak.

“Kami menciptakan banyak lapangan kerja di sektor pariwisata, yang menunjukkan bahwa ekspansi negara dalam membangun proyek-proyek besar bertujuan untuk mengembangkan sektor pariwisata dan menarik investasi ke dalamnya, dan bersaing untuk mendapatkan 1,7 miliar wisatawan di dunia yang mencari semua hal yang tersedia di sektor pariwisata. Arab Saudi,” ujarnya.

Al Khateeb menekankan, kualitas proyek-proyek mendatang di sektor pariwisata terkait fasilitas perhotelan, baik hotel maupun resor, sangat tinggi.

“Kami telah menandatangani banyak perjanjian untuk memasuki hotel-hotel besar bintang lima, dan fasilitas perhotelan terbaik akan tersedia di Arab Saudi. Setelah peraturan pariwisata baru dikeluarkan, kami mulai menerapkan kampanye pemantauan dan inspeksi untuk memastikan kepatuhan dan kami menutup lebih dari 250 hotel tahun lalu,” katanya.

Al-Khateeb mengatakan Arab Saudi tertarik untuk meningkatkan tingkat kualitas layanan yang diberikan di sektor ini.

“Kami juga melakukan tinjauan menyeluruh terhadap pasar pariwisata di Arab Saudi, dan mulai mempromosikan destinasi wisata di tingkat internasional dengan tujuan agar dapat bersaing secara global di bidang pariwisata,” tambahnya.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id