#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

280 Juta Jemaah Laksanakan Ibadah di Masjid Nabawi Sepanjang Tahun 2023

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 25 Januari 2024, 09:55:32

shutterstock_1491610727-scaled.jpg

HIMPUHNEWS - Lebih dari 280 juta ummat muslim melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi, situs tersuci kedua umat Islam di kota Madinah, Saudi, pada tahun 2023, menurut angka resmi.

Para jamaah melaksanakan salat di tengah suasana spiritual dan jaringan layanan terintegrasi yang disediakan oleh Otoritas Umum untuk Perawatan Masjid Nabawi, sebuah lembaga negara yang bertanggung jawab atas tempat tersebut.

Dilansir dari kantor berita Arab Saudi SPA pada Kamis (25/01) Otoritas Perawatan Masjid Nabawi mengumumkan pihaknya telah berupaya untuk memberikan layanan dengan standar tertinggi untuk memfasilitasi berbagai hal bagi umat beriman dan membantu mereka melakukan ibadah dengan mudah dan nyaman.

Umat muslim juga memanfaatkan momen kunjungan ke Masjid Nabawi untuk berziarah ke Al Rawda Al Sharifa, tempat makam Nabi Muhammad (saw) berada.

Otoritas mengatakan untuk memberikan kenyamanan para peziarah pihaknya telah mengintensifkan layanan termasuk pekerjaan desinfeksi dan pembersihan, pengelolaan kerumunan orang yang masuk dan keluar masjid, dan bantuan kepada pengunjung yang cacat fisik dan lanjut usia.

Ruang salat khusus dan jalan setapak yang dapat diakses tersedia bagi jamaah lansia saat mengunjungi Al Rawda Al Sharifa.

Lantai diberi pewangi dan permadani disterilkan dengan bahan ramah lingkungan untuk menyediakan lingkungan yang aman dan sehat, badan negara menambahkan.

Selain itu, wadah berisi air Zamzam yang diberkahi tersebar di seluruh masjid, sehingga mudah diakses oleh jamaah.

Setelah melakukan umrah atau ziarah kecil di Masjidil Haram, situs paling suci umat Islam, di Mekah, banyak peziarah berbondong-bondong ke Madinah untuk salat di Masjid Nabawi dan mengunjungi landmark Islam lainnya di kota tersebut.

Arab Saudi memperkirakan sekitar 10 juta Muslim dari luar negeri akan melaksanakan umrah pada musim ini yang dimulai lebih dari enam bulan lalu.

Jumlah jamaah umrah mencapai rekor 13,5 juta tahun lalu, kata Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq Al Rabiah bulan ini.

April lalu, pemerintah Saudi meluncurkan penghalang kuningan berlapis emas yang mengelilingi Ruang Suci di Masjid Nabawi.

Penghalang tersebut menggantikan penghalang kayu untuk menjaga identitas visual dan pola arsitektur Masjid, kata para pejabat pada saat itu.

Penghalang ini memiliki tiang yang dipasang di dasar bawah dengan penyangga internal, menjamin ketidakmampuannya bergerak di bawah tekanan kepadatan manusia dan perawatan yang mudah.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id