#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Kunjungan ke Raudhah Kini Harus Pakai Scan Barcode, Begini Cara Daftarnya !

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 26 Januari 2024, 10:40:41

Raudhah (1).png

HIMPUHNEWS - Otoritas Perawatan Masjid Nabawi telah mulai menerapkan mekanisme penggunaan gerbang otomatis bagi para jemaah yang ingin mengunjungi Raudhah Al Sharifa di Masjid Nabawi Madinah. Jemaah yang ingin berkunjung diharuskan melakukan scan barcode melalui gerbang tersebut.

Dilansir dari saudigazette pada Jumat (26/01), Otoritas Perawatan Masjid Nabawi menekankan bahwa prosedur kunjungan Raudhah dilakukan melalui platform aplikasi Nusuk dimana pengunjung akan diberitahu dalam berbagai bahasa tentang langkah-langkah yang harus ia ikuti untuk melakukan kunjungan.

Setelah melakukan pendaftaran dan reservasi kunjungan melalui aplikasi Nusuk, Pengunjung akan menerima pesan konfirmasi jadwal kunjungan dan barcode. Nantinya pengunjung akan diingatkan tentang janji temu 24 jam sebelum tanggal kunjungan, memintanya untuk mengkonfirmasi atau membatalkan, dan tidak dapat menggunakan barcode untuk kunjungan sebelum waktu yang ditentukan.

Begitu pengunjung tiba di halaman Masjid Nabawi, ia akan diarahkan melalui layar panduan menuju pintu masuk yang ditunjuk untuk kunjungan tersebut. Ia akan diterima oleh staf terlatih dan dipandu melalui tahapan kunjungan.

Sebelum tiba di Raudhah, pengunjung harus memindai barcode melalui gerbang otomatis lalu menuju ke ruang tunggu dan kemudian ke grup untuk masuk. Pengunjung tersebut akan dikembalikan melalui tempat yang telah ditentukan apabila izin tersebut diketahui tidak aktif pada waktu itu.

Badan Masjid Nabawi telah mengalokasikan jalur khusus bagi masyarakat berkebutuhan khusus dan luas pembukaannya akan ditentukan sesuai dengan kapasitas Raudhah. Layar elektronik telah dipasang dalam beberapa bahasa untuk mengedukasi pengunjung tentang etika berkunjung, dan ruang tunggu yang ditunjuk telah dipersiapkan sepenuhnya untuk menjamin kenyamanan mereka.

Memasuki waktu kunjungan yang telah ditentukan, para pengunjung akan diarahkan menuju pintu masuk Raudhah melalui jalur yang tertata dan terstandar hingga tiba di tempat salat. Setelah waktu berkunjung berakhir, pengunjung akan diarahkan ke pintu keluar yang telah ditentukan.

Tindak lanjut juga akan dilakukan melalui sistem digital canggih yang beroperasi melalui kamera dan sensor pintar untuk melacak pola pergerakan masuk dan keluar, serta mengetahui jumlah pengunjung melalui peta termal dan geografis interaktif.

Ruang kendali bersama akan mengelola manajemen kerumunan dan sistem digital, mempertemukan semua pihak terkait untuk mendaftarkan pengunjung untuk koordinasi langsung di antara mereka. Ini akan memberikan solusi cepat jika terjadi kepadatan berlebih, dan akan menerbitkan laporan berkelanjutan dengan tujuan untuk terus mengembangkan dan meningkatkan layanan.

Cara Ajukan Ijin ke Raudhah melalui aplikasi Nusuk

Untuk mendapat ijin kunjungan dan barcode scan ke Raudhah jemaah bisa mengikuti langkah-langkah unduh dan daftar aplikasi Nusuk:

1. Kunjungi aplikasi Appstore lalu tekan unduh. Setelah selesai pilih buka

2. Masuk halaman utama muncul pertanyaan izin akses lokasi, kalender. Pilihan bahasa Arab dan Inggris. "Login" dan "New User". Jika belum pernah, bisa dipilih "New User"

3. Masuk ke pengisian data, pilih kanan atas sebagai visitor. Isi nomor visa, paspor, kebangsaan, nomor telepon, email dan password akun Nusuk. Sudah lengkap, klik tiga pertanyaan di bawahnya lalu tekan register

4. Sistem kemudian mengirim empat nomor pin via email sebagai aktivasi aplikasi Nusuk

5. Berhasil, saat akan masuk ke aplikasi, sistem kembali mengirim kode verifikasi via email

6. Selesai di menu utama ada pilihan aktivitas. Pilih menu ke Raudhah dibedakan antara perempuan dan laki laki. Seusai dipilih, akan muncul pilihan lagi, klik, dan tinggal pilih tanggal dan jam berkunjung. Jika sudah aplikasi akan mengirim jadwal kunjungan sesuai pilihan. Ini yang digunakan bukti ke askar saat berkunjung ke Raudhah

Dengan proses tersebut, jadwal kunjungan bisa lebih terencana. Jika memungkinkan keluarga jemaah juga bisa bantu download dan registrasi sebelum orang tuanya berangkat sehingga memudahkan saat di Madinah. Untuk pendaftaran bisa dibantu petugas haji.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id