#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Otoritas Masjidil Haram Imbau Jemaah Tidak Membawa Strollers Bayi ke Area Mataf

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 30 Januari 2024, 09:31:54

Mataf

HIMPUHNEWS - Otoritas Umum Perawatan Dua Masjid Suci menghimbau jemaah yang membawa balita/bayi untuk tidak membawa stroller (kereta bayi) ke area mataf (area terbuka di sekitar Ka'bah, tempat para peziarah dan umat Islam mengelilingi Ka'bah) di lantai dasar.

Dilansir dari saudigazette Selasa (30/01), Pihak berwenang telah menyediakan area khusus untuk membawa kereta anak-anak di dalam Masjidil Haram di Makkah. Lokasi yang diperbolehkan untuk membawa kereta dorong anak ke dalam Masjidil Haram antara lain di lantai atas mataf, serta mas’a (area lari antara Safa dan Marwa) yang masuknya kereta bayi harus melalui Area Perluasan Raja Fahd.

Selain itu, penggunaan strollers juga dilarang memasuki Masjidil Haram jika terjadi kepadatan di lantai mataf dan mas’a khususnya di masa masa puncak penyelenggaraan umrah. 

Otoritas  dalam hal ini juga selalu berupaya memanfaatkan semua layanan untuk menjamin kenyamanan para tamu Allah saat melakukan ritual Ibadah mereka.

Otoritas ingin mencapai kepuasan para tamu dengan kualitas layanan yang diberikan, yang ditawarkan dalam visi ambisius kerja sama antara pihak-pihak yang berpartisipasi untuk melayani pengunjung melalui koordinasi terpadu sambil memanfaatkan teknologi modern.

 Pelayanan yang diberikannya antara lain mengintensifkan pekerjaan pencucian, mensterilkan Masjidil Haram di Makkah, atap, halaman, dan fasilitasnya, serta mempersiapkannya untuk pengunjung dan jamaah.

Operasi pencucian dilakukan 10 kali sehari oleh staf yang terdiri dari 4.000 pekerja pria dan wanita yang diawasi oleh 200 supervisor Saudi yang bekerja sepanjang waktu.

Lebih dari 1.000 peralatan dan mesin juga dioperasikan untuk berpartisipasi dalam pekerjaan pencucian sepanjang hari, sehingga kapasitasnya menjadi 1.600.000 jamaah.

Secara permanen, sebelum setiap salat di Masjidil Haram, 120 insinyur dan teknisi mengoperasikan jaringan audio untuk 8.000 speaker di dalam Masjidil Haram dan halamannya.

Terdapat juga 3.516 toilet, dan lebih dari 35.000 karpet baru di seluruh ruang salat dan halaman Masjidil Haram.

Belum lagi 3.000 gerobak tangan dan 2.000 gerobak listrik, 6.000 alat pendorong gerobak, dan beberapa hal lainnya.

Otoritas berupaya memfasilitasi pengalaman pengunjung dengan menyediakan semua fasilitas dan kemampuan, dan mengembangkan proyek infrastruktur di Dua Masjid Suci.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id