#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Saudi Percepat Persiapan Pemondokan Jemaah Haji di Madinah

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 30 Januari 2024, 10:14:11

bg11.jpg

HIMPUHNEWS - Komite Perumahan untuk Jemaah Haji di Madinah menghimbau masyarakat yang hendak menjadikan bangunannya sebagai tempat pemondokan jemaah haji agar segera melakukan pendaftaran untuk mendapatkan lisensi layak huni dari otoritas terkait.

Langkah dilakukan sebagai upaya untuk mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji sedini mungkin dimana Arab Saudi diperkirakan akan menyambut sekitar 2 juta jemaah haji di tahun ini.

Komite tersebut telah menetapkan batas waktu hingga akhir bulan Rajab atau tanggal 10 Februari 2024 sebagai tenggat akhir pendaftaran. Komite telah mendesak para Pemilik bangunan yang tertarik untuk mendapatkan izin terkait untuk bangunan mereka agar memeriksanya dan memastikan memenuhi persyaratan terlebih dahulu.

Banyak peziarah Muslim menuju ke Madinah, rumah bagi situs tersuci kedua umat Islam, sebelum atau setelah melakukan ritual haji di dan sekitar kota suci Mekah di Arab Saudi, tempat Masjidil Haram, tempat paling suci umat Islam, berada.

Otoritas Perawatan Dua Masjid Suci mencatat lebih dari 280 juta umat muslim melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi pada tahun 2023. Para jemaah melaksanakan salat di tengah suasana spiritual dan jaringan layanan terintegrasi yang disediakan.

Otoritas Perawatan Masjid Nabawi mengumumkan pihaknya telah berupaya untuk memberikan layanan dengan standar tertinggi untuk memfasilitasi berbagai hal bagi umat beriman dan membantu mereka melakukan ibadah dengan mudah dan nyaman.

Umat muslim juga memanfaatkan momen kunjungan ke Masjid Nabawi untuk berziarah ke Al Rawda Al Sharifa, tempat makam Nabi Muhammad (saw) berada. April lalu, pemerintah Saudi meluncurkan penghalang kuningan berlapis emas yang mengelilingi Ruang Suci di Masjid Nabawi.

Otoritas mengatakan untuk memberikan kenyamanan para peziarah pihaknya telah mengintensifkan layanan termasuk pekerjaan desinfeksi dan pembersihan, pengelolaan kerumunan orang yang masuk dan keluar masjid, dan bantuan kepada pengunjung yang cacat fisik dan lanjut usia.

Ruang salat khusus dan jalan setapak yang dapat diakses tersedia bagi jamaah lansia saat mengunjungi Al Rawda Al Sharifa.

Lantai diberi pewangi dan permadani disterilkan dengan bahan ramah lingkungan untuk menyediakan lingkungan yang aman dan sehat, badan negara menambahkan.

Selain itu, wadah berisi air Zamzam yang diberkahi tersebar di seluruh masjid, sehingga mudah diakses oleh jamaah.

Arab Saudi memperkirakan sekitar 10 juta Muslim dari luar negeri akan melaksanakan umrah pada musim ini yang dimulai lebih dari enam bulan lalu.

Jumlah jamaah umrah mencapai rekor 13,5 juta tahun lalu, kata Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq Al Rabiah bulan ini.


Penghalang tersebut menggantikan penghalang kayu untuk menjaga identitas visual dan pola arsitektur Masjid, kata para pejabat pada saat itu.

Penghalang ini memiliki tiang yang dipasang di dasar bawah dengan penyangga internal, menjamin ketidakmampuannya bergerak di bawah tekanan kepadatan manusia dan perawatan yang mudah.

Arab Saudi telah menetapkan aturan untuk ibadah haji tahun ini yang jatuh tempo pada bulan Juni.

Berdasarkan aturan ini, tidak ada lagi tempat khusus yang diberikan untuk negara-negara di tempat suci pada musim haji baru. Sebaliknya, tempat untuk negara yang berbeda akan ditentukan tergantung pada penyelesaian kontrak.

“Negara yang menandatangani kontrak lebih awal akan diberi prioritas untuk mengambil tempat yang sesuai di tempat-tempat suci,” kata Kementerian Haji Saudi Tawfiq Al Rabiah.

Penerbitan visa haji akan dimulai pada tanggal 1 Maret dan berakhir pada tanggal 20 Syawal, bulan ke 10 kalender Islam yang bertepatan dengan tanggal 29 April. Kedatangan jamaah haji di Arab Saudi akan dimulai pada hari pertama Dzul Qadah, tanggal 11. Bulan Islam, bertepatan dengan 9 Mei.

Mekanisme baru ini diarahkan untuk memfasilitasi persiapan haji, yang merupakan kewajiban Islam.

 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id