#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Arab Saudi Siapkan 15 AED di Masjidil Haram untuk Kondisi Darurat Penyakit Jantung

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 01 Februari 2024, 10:04:28

-_18d5f05dfe6_large.jpg

HIMPUHNEWS - Otoritas Perawatan Dua Masjid Suci telah menyediakan sebanyak Lima belas peralatan medis penyelamat jiwa Defibrillator eksternal otomatis (automated external defibrillators/AED) di area Masjidil Haram sebagai langkah antisipasi untuk merawat orang-orang yang mengalami keadaan darurat jantung.

Dilansir dari gulfnews pada Kamis (01/02) AED sendiri telah menangani 19 kasus serupa pada tahun lalu setelah digunakan oleh relawan, jamaah atau staf di dalam masjid yang luas tersebut.

Kelima Belas Unit AED tersebut dipasang di tempat-tempat penting di Masjidil Haram, sering dikunjungi oleh jutaan Muslim dari seluruh dunia sepanjang tahun untuk salat dan melakukan umrah atau ziarah kecil.

Lima AED dapat ditemukan di gerbang utama masjid, lima lainnya di area mataf atau mengelilingi Ka'bah, dan lima lainnya di Perpanjangan Ketiga masjid.

AED adalah bagian penting dari fasilitas medis yang digunakan untuk menyelamatkan nyawa dalam keadaan darurat terutama ketika seseorang mengalami serangan jantung mendadak. Alat tersebut memberikan kejutan listrik untuk mengembalikan irama jantung menjadi normal.

Pada tahun 2021, otoritas Saudi mulai memasang perangkat yang mudah digunakan di Masjidil Haram. Penanganannya tidak memerlukan latar belakang medis.

AED sendiri adalah perangkat portabel yang berfungsi menganalisa irama jantung secara otomatis  dan kemudian memberikan sengatan listrik melalui dada ke jantung untuk mengembalikan irama jantung jika diperlukan. Alat ini sering digunakan sebagai pertolongan pertama bagi seseorang yang mengalami henti jantung mendadak.

AED ditujukan untuk digunakan dalam keadaan yang tidak terduga. Oleh sebab itu,AED sering disediakan di berbagai tempat umum seperti di bandara, kantor, sekolah , pusat perbelanjaan, maupun tempat umum lainnya. Tenaga non medis seperti pemadam kebakaran, pramgari, polisi maupun orang awam lainnya boleh menggunakan alat ini. Hal ini dikarenakan AED mudah digunakan karena dilengkapi dengan petunjuk suara yang memandu setiap penggunanya. Namun demikian, orang yang telah melalui pelatihan formal penggunaan AED dan resusitasi jantung paru (RJP) lebih dianjurkan untuk menggunakan alat ini.

Henti jantung dapat terjadi apabila ditemukan gangguan aktivitas listrik jantung. Gangguan ini menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur dan semakin cepat (aritmia). Aritmia menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah secara efektif. Ketidakefektifan jantung dalam memompa darah sangat berpengaruh pada peluang hidup seseorang. Peluang hidup seseorang yang mengalami aritmia bisa menurun 7-10 persen setiap menitnya. Hal ini disebabkan oleh karena otak dan organ vital lainnya tidak memperoleh darah dan oksigen yang dibutuhkan.Oleh karena itu, tindakan sesegera mungkin harus dilakukan untuk mencegah kematian. Semakin cepat irama jantung dipulihkan makan semakin kecil kerusakan permanen pada otak maupun organ vital lainnya.

Berikut ini adalah cara yang tepat untuk menggunakan AED yang perlu diketahui :

  1. Periksa respon pasien dengan menepuk – nepuk bahu pasien sambil berbicara dengan suara keras untuk mengembalikan kesadaran pasien. Setelah itu periksa detak nadinya, jika benar-benar tidak sadarkan diri barulah Anda dapat menggunakan perangkat AED yang tersedia sambil menunggu ambulans datang
  2. Atur posisi pasien dalam posisi berbaring dan pastikan kondisi di sekitarnya sudah benar-benar kering. Lepaskan pakaian dan benda lain yang menempel pada tubuh pasien seperti perhiasa Jika alat AED tidak langsung tersedia segera lakukan kompresi dada (CPR) untuk pertolongan awal. Pastikan pada saat melakukan CPR adalah orang yang benar-benar paham cara melakukannya.
  3. Pada saat penggunaan AED, langsung nyalakan dan ikuti cara penggunaan sesuai petunjuk melalui suara. Selanjutnya, sambungkan kabel serta pad pada perangkat elektronik AED. Tempelkan pad yang dilengkapi stiker pada dada pasien dan pastikan pad menempel kuat di kulit.
  4. Saat alat sudah terpasang Anda dapat menghentikan CPR dan segera melakukan analisis. Untuk mencegah kesalahan analisis AED pastikan tidak ada yang menyentuh tubuh pasien selama AED menganalisa
  5. Setelah selesai analisi, AED aka menginformasikan kepada Anda apakah pasien perlu diberi kejutan listrik atau tidak. Jika alat AED menyebutkan bahwa pasien perlu diberikan kejutan listik, pastikan kembali tidak ada yang menyentuh tubuh pasien, lalu tekan tombol “shock” di AED untuk memberikan kejutan listrik.
  6. Setelah itu AED akan memberikan instruksi kepada Anda untuk memeriksa pernapasan dan denyut nadi pasien. Jika belum kembali AED akan meminta Anda untuk melanjutkan CPR sekitar 2 menit. Setelah itu AED akan melakukan analisis ulang untuk mengetahui apakah pasien masih membutuhkan kejutan listrik lagi atau tidak
  7. Lakukan secara berkala sesuai arahan AED hingga bantuan medis tiba dan segera membawa pasien ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id