#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Lebih dari 6 Juta Jemaah Nikmati Layanan Komperhensif Masjid Nabawi Pekan Lalu

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 02 Februari 2024, 08:48:36

WhatsApp Image 2024-02-02 at 09.05.05.jpeg

HIMPUHNEWS - Otoritas Umum Urusan Masjid Nabawi mengungkapkan bahwa selama minggu ketiga Rajab 1445h, Masjid Nabawi telah menjamu total 6.477.169 jemaah. Para Jemaah menikmati berbagai layanan komprehensif yang untuk melayani berbagai kebutuhan dan kenyamanan beribadahnya di situs tersuci kedua umat Islam tersebut.

Statistik otoritas Masjid Nabawi menunjukkan bahwa 631.540 orang mengunjungi makam Nabi Muhammad minggu lalu. Sebanyak 293.058 jamaah laki-laki dan 134.442 jamaah perempuan lainnya melaksanakan salat di Al-Rawdah Al-Sharifa, sesuai dengan prosedur organisasi yang mengontrol pergerakan orang banyak dan menjadwalkan waktu salat sunah bagi pria dan wanita.

Dilaporkan juga bahwa 15,233 lansia dan penyandang disabilitas mendapat manfaat dari layanan yang diberikan kepada mereka minggu lalu.

Selain itu, pengunjung yang memanfaatkan layanan bimbingan multibahasa mencapai 12.796 orang, sedangkan 12.862 orang mencari informasi di perpustakaan Masjid Nabawi

Perpustakaan dan museum Masjid Nabawi menyambut 2,492 orang, sementara 139,706 hadiah beragam diberikan kepada pengunjung pria dan wanita. Selain itu, sebanyak 13.306 layanan bimbingan dan konseling diberikan melalui hotline dan saluran komunikasi terpadu, sebagai bagian dari layanan yang tersedia untuk perawatan jamaah di Masjid Nabawi.

Pelayanan lapangan termasuk memberikan layanan bimbingan di tempat kepada 107.430 penerima manfaat. Selain itu, layanan yang memfasilitasi pergerakan antara halaman dan gerbang Masjid Nabawi diperluas hingga 32.731 pengunjung. Lebih dari 153.600 botol air Zamzam didistribusikan, bersamaan dengan penyediaan 182.623 makanan berbuka puasa di area khusus bagi orang-orang yang berpuasa di dalam Masjid Nabawi.

Otoritas mengatakan untuk memberikan kenyamanan para peziarah pihaknya telah mengintensifkan layanan termasuk pekerjaan desinfeksi dan pembersihan, pengelolaan kerumunan orang yang masuk dan keluar masjid, dan bantuan kepada pengunjung yang cacat fisik dan lanjut usia.

Ruang salat khusus dan jalan setapak yang dapat diakses tersedia bagi jamaah lansia saat mengunjungi Al Rawda Al Sharifa.

Lantai diberi pewangi dan permadani disterilkan dengan bahan ramah lingkungan untuk menyediakan lingkungan yang aman dan sehat, badan negara menambahkan.

Selain itu, wadah berisi air Zamzam yang diberkahi tersebar di seluruh masjid, sehingga mudah diakses oleh jamaah.

Masjid Nabawi juga menyediakan layanan  Inquire about Madinah atau Pusat 'Penyelidikan Tentang Madinah'. Sebuah layanan luar biasa yang didedikasikan untuk membuat pengalaman pengunjung di Masjid Nabawi tak terlupakan. Dengan stafnya yang siap membantu, pusat ini memberikan panduan dan bantuan yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan setiap pengunjung dan menjawab pertanyaan mereka dengan sangat hati-hati.

Ketersediaan dan komitmen pusat ini juga hadir selama 24/7 dalam menyediakan pilihan transportasi bagi pengunjung lanjut usia dan penyandang disabilitas dalam keadaan darurat menunjukkan dedikasi mereka yang tak tergoyahkan terhadap layanan terbaik.

Para Staff berusaha untuk memastikan bahwa pengunjung memiliki akses ke semua landmark penting, museum, dan masjid budaya di wilayah tersebut, menjadikan masa tinggal mereka di Madinah sebuah pengalaman yang mencerahkan dan memperkaya. Mereka membantu pengunjung dengan informasi antara lain tentang waktu berkunjung ke Rawdah Mulia, Museum Biografi Nabi, dan Peradaban Islam.

Untuk memberi kemudahaan bagi jemaah luar negeri 'Inquire about Madinah' ' merekrut Staff yang fasih berbahasa Arab, Inggris, Urdu, Indonesia, Persia, dan Turki.

Para Staf akan bergabung dibawah tim multimedia yang siap menjawab pertanyaan tentang Rawdah, Pameran Internasional, Museum Biografi Nabi dan Peradaban Islam, serta situs-situs lain di Madinah.

Selain itu, pusat tersebut, yang beroperasi sepanjang waktu, menyediakan informasi tentang transportasi ke dan dari tempat-tempat penting di kota suci tersebut – termasuk kendaraan dan bantuan darurat untuk orang lanjut usia dan penyandang disabilitas – serta museum dan masjid bersejarahnya.

 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id