#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37

Kreatif! Petani Saudi Ubah Daun Kurma Jadi Olahan Teh Matcha yang Kaya Manfaat

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 05 Februari 2024, 16:53:20

matcha

HIMPUHNEWS - Selama bertahun-tahun, daun kurma telah digunakan untuk membuat berbagai kerajinan keranjang dan tempat duduk. Namun seorang Petani Saudi berhasil memanfaatkan dan mengolah daun pohon kurma menjadi teh matcha hijau khas Arab Saudi.

Petani tersebut bernama Saud Al Quseibi yang juga dikenal sebagai sosok kreatif yang telah melakukan inovasi dari berbagai produk berbahan dasar kurma. Ia mengatakan ide minuman teh hijau dari daun kurma yang diberi nama “Safcha” ini muncul setelah ia membaca makalah ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Saud yang menyoroti manfaat nutrisi dari daun kurma.

“Idenya adalah Mengapa tidak menggiling daunnya menjadi bubuk dan menggunakannya untuk menghasilkan sesuatu yang mirip dengan teh matcha Jepang?” katanya kepada portal berita Saudi Akhbar24, mengacu pada teh hijau Jepang.

Ia menambahkan, teh Safcha yang ia buat kaya akan manfaat. Minuman tersebut mengandung 23 persen protein, 22 persen serat serta mineral, vitamin, kalsium, dan antioksidan.

Al Qusaibi menyebut minuman tersebut diperkenalkan pada festival kurma baru-baru ini yang diadakan di wilayah Al Ihsa di Arab Saudi bagian timur dan menarik minat yang tinggi terhadap minuman tersebut. Adapun penamaan “Safcha” merupakan penggabungan dari dua kata “saf”, bahasa Arab untuk daun kurma, dan Matcha.

Ia menjelaskan bahwa produk ini bebas dari kafein dan dapat disajikan panas atau dingin dengan tambahan madu atau susu sesuai selera. Al Qusaibi juga menampilkan kue-kue yang ditambahkan bubuk bubuk.

“Ini 100 persen produk Saudi. Tidak ada yang mendahului kami dalam melakukan hal ini,” katanya seperti dikutip surat kabar Saudi Al Yaum.

Maryam Al Zaid, mitra dalam produk tersebut, mengatakan daun kurma juga digunakan dalam pembuatan manisan dan makanan lezat.

“Daun kurma memiliki banyak manfaat karena banyak mengandung antioksidan dan kandungan vitamin C yang tinggi,” ujarnya.

“Membantu melindungi tubuh dari penyakit, meningkatkan kekebalan, melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan energi,” tambahnya.

Arab Saudi memproduksi lebih dari 1,6 juta ton kurma setiap tahunnya.

Jumlah pohon palem di kerajaan ini mencapai 31,2 juta dengan luas 107.000 hektar.

Ekspor kurma Saudi dan turunannya tumbuh sebesar 5,4 persen pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya, menurut angka resmi.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id