#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Saudi Tegaskan Kembali Perempuan Boleh Menunaikan Haji Tanpa Mahram

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 16 Februari 2024, 09:50:04

Muslims pray around the Kaaba, the holiest site in Islam, at the Grand Mosque complex in the Saudi city of Mecca on 9 April, 2022 (AFP).jpg

HIMPUHNEWS - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah menegaskan kembali bahwa perempuan dapat menunaikan ibadah haji tanpa mahram, dan menekankan bahwa persyaratan ini tidak lagi wajib bagi semua jamaah haji.

Menteri Haji Umrah Tawfiq Al- Rabiah mengatakan bahwa tindakan ini salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan bagi jemaah haji atau umrah.

"Kami telah mempersiapkan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanana jemaah haji dan umrah," kata Al Rabiah.

Al Rabiah juga menegaskan perempuan bisa mendaftar ibadah haji dan umrah sendiri tanpa pendamping.

"[Perempuan] sudah bebas untuk umrah, bisa registrasi pribadi. Tidak ada ketentuan khusus dan bisa melakukan perjalanan secara sendiri," ucap dia.

Pandangan Agama?

Mengenai ini, para ulama berbeda pendapat. Melansir buku Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq, ada yang menjadikan mahram sebagai syarat dari kemampuan haji bagi wanita. Ini merupakan pendapat kalangan ulama seperti Abu Hanifah beserta murid-muridnya, Nakha'i, Hasan, Tsauri, Ahmad, dan Ishaq.

Adapun menurut pandangan masyhur di madzhab Syafi'i, Al-Hafiz menjelaskan, "Adanya suami, mahram atau perempuan-perempuan yang dapat dipercaya untuk menemani seseorang perempuan yang pergi berhaji merupakan hal yang disyaratkan."

"Menurut sebagian pendapat, satu perempuan yang dapat dipercaya (untuk menemani perempuan yang melakukan haji) sudah cukup. Menurut sebagian pendapat yang lain, perempuan boleh melakukan haji secara sendirian, jika jalan yang menuju ka Tanah Suci dalam keadaan aman," tambah Al-Hafiz.

Meski demikian, terdapat juga ulama yang tidak memperbolehkan wanita berhaji sendirian. Seperti diterangkan dalam buku Fatwa-Fatwa Haji & Umrah, Muhammad bin Abdul Aziz al-Musnad mengemukakan, "Dia (perempuan) tidak boleh datang sendiri ke (Arab) Saudi untuk haji."

"Wanita yang tidak bersama mahramnya, maka tidak wajib haji baginya. Adakalanya kewajiban haji gugur darinya karena tiadanya kemampuan sampai ke Makkah. Tidak adanya kemampuan adalah alasan syar'i, dan adakalanya dia tidak wajib melaksanakannya. Artinya, jika dia meninggal, maka hajinya dapat digantikan oleh ahli warisnya," imbuh Muhammad bin Abdul Aziz al-Musnad.

Perihal sah atau tidaknya haji wanita yang pergi sendiri tanpa mahram, ulama turut membahasnya. Disebutkan oleh Sayyid Sabiq dalam bukunya, haji seorang perempuan yang nekat berangkat tidak bersama mahram, maka hajinya sah.

Hal ini juga diutarakan Ibnu Taimiyah, "Haji seorang perempuan yang tanpa ditemani mahram dan haji orang orang yang tidak memiliki kemampuan, (namun ia memaksakan diri) adalah sah."

"Kesimpulannya, orang yang tidak wajib haji karena tidak memiliki kemampuan seperti orang yang sakit, orang fakir, orang yang lumpuh, orang yang terputus jalannya, perempuan yang tidak memiliki mahram, dan sebagainya, ketika (mereka) memaksakan diri untuk melakukan haji, haji mereka sah," ujar Ibnu Taimiyah yang dikutip dari buku Fiqih Sunnah. 

Aturan Baru

Selain menegaskan kembali perihal mahram, Kementerian juga telah menetapkan bahwa untuk musim haji 2024, semua jamaah domestik harus menerima vaksinasi terhadap meningitis neisseria dan influenza musiman sebagai bagian dari persyaratan pendaftaran.

Sehari sebelumnya, Kementerian menetapkan kriteria kelayakan bagi mereka yang ingin mendaftar haji secara lokal, terutama membatasi partisipasi bagi individu yang memiliki identitas nasional atau izin tinggal, tidak termasuk pemegang visa kunjungan atau visa kerja.

Kisaran usia peserta haji yang diperbolehkan adalah mulai dari 15 tahun, tidak ada batasan usia maksimal yang dikenakan.

Selain itu, kementerian telah memulai proses pendaftaran untuk musim haji, menawarkan berbagai paket yang dapat diakses melalui situs resmi kementerian atau aplikasi Nusk, yang melayani warga negara dan penduduk di wilayah kerajaan.

Berikut paket hajinya:

Harga mulai SR10,366.10, termasuk PPN. Paket ini menawarkan akses ke kamp-kamp yang dikembangkan, memastikan layanan premium dan kenyamanan bagi para peziarah.

Mulai dari SR8,092.55, termasuk PPN. Opsi ini mencakup kamp perhotelan di Mina.

Biaya mulai SR13.265,25, termasuk PPN. Paket ini mencakup akomodasi di enam menara dekat Jembatan Jamarat di Mina, yang terkenal karena lokasinya yang utama.

Dimulai dari SR4,099.75, termasuk PPN, yang bertujuan untuk menyediakan layanan terjangkau bagi para peziarah.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id