#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Arab Saudi Kenalkan Robot Pembimbing Jemaah Berteknologi AI di Dua Masjid Suci

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 20 Februari 2024, 10:12:42

Guidance-Robot_18db6b7b353_large.jpg

HIMPUHNEWS - Arab Saudi terus berupaya meningkatkan berbagai layanan di dua kota suci untuk menyambut jemaah haji dan umrah. Sejalan dengan itu, kerajaan juga mulai mengadopsi berbagai teknologi terkini untuk memperkaya pengalaman beribadah para jemaah, salah satunya adalah dengan penggunaan teknologi artifisial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Otoritas Urusan Agama di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengatakan pihaknya menggunakan teknologi terbaru, termasuk 'Robot Pembimbing (Guidence Robot)', untuk memfasilitasi ibadah haji dan umrah.

Dilansir dari gulfnews Senin (19/02), Robot Pembimbing dirancang untuk membantu pengunjung dengan menjawab pertanyaan keagamaan mereka terkait pelaksanaan ibadah haji dan umrah dengan jelas dan tepat, menggunakan fatwa agama terbaru yang disetujui.

Robot ini menawarkan penjelasan yang disederhanakan mengenai ritual-ritual ini dalam bahasa Arab dan sebelas bahasa internasional lainnya, memastikan bahwa informasi tersebut dapat diakses oleh khalayak global. Bahasa-bahasa tersebut antara lain Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, Cina, Bengali, dan Hausa. Selain itu, robot tersebut dilengkapi layar sentuh berukuran 21 inci yang memberikan berbagai layanan kepada pengunjung Masjidil Haram.

Dilengkapi dengan empat roda dan sistem penghentian pintar, robot bergerak dengan lancar. Ia juga dilengkapi dengan kamera depan dan bawah yang menangkap gambar lingkungan sekitar dengan resolusi tinggi, memastikan transmisi yang jelas. Robot ini menawarkan speaker dengan kejernihan suara yang tinggi dan mikrofon yang menangkap suara dengan kualitas luar biasa.

Menggunakan sistem jaringan nirkabel (Wi-Fi) dengan kecepatan 5 GHz, robot ini memungkinkan transmisi data yang cepat dan tinggi, sehingga meningkatkan efisiensi layanannya.

Keunikan robot ini adalah kemampuannya yang memungkinkan pengunjung berkomunikasi langsung dengan ulama dan syekh melalui teknologi komunikasi visual. Hal ini memungkinkan adanya klarifikasi mengenai fatwa-fatwa secara real-time dan panduan mengenai isu-isu keagamaan yang menjadi perhatian para jamaah.

Selain itu, robot ini juga menyediakan terjemahan khotbah dan pelajaran agama yang disampaikan di Masjidil Haram secara simultan, menjadikan ajaran-ajaran mendalam ini tersedia dalam sebelas bahasa internasional tanpa memerlukan penerjemah manusia.

Robot Pembimbing menawarkan beberapa manfaat bagi jamaah dan jamaah umrah. Kemampuannya untuk merespons pertanyaan dengan cepat dan akurat menghemat waktu dan tenaga yang berharga.

Layanan robot tersedia sepanjang waktu, menawarkan dukungan terus-menerus kepada pengunjung yang mencari informasi dan bimbingan. Kemudahan penggunaannya membuatnya dapat diakses oleh semua pengunjung, tanpa memandang latar belakang budaya atau bahasa mereka.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id