#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Mengenal Kereta Haramain Express, 'Jet Darat' Milik Saudi Penghubung Dua Kota Suci

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 23 Februari 2024, 11:09:47

al-haramain_train_station.jpg

HIMPUHNEWS - Arab Saudi dikenal memiliki kereta cepat kebanggaan negaranya bernama Haramain High Speed Railway alias Haramain Express. Kereta diluncurkan pertama kali pada 2018. Diketahui kereta ini menjadi penghubung kota Makkah dan Madinah dengan bandara internasional Jeddah.

Kereta Haramain masuk ke dalam nominasi 10 kereta tercepat di dunia, yang dapat dioperasikan dengan kecepatan 300 kilometer per jam.

Kereta tersebut menjadi tonggak berkembangnya infrastruktur di Arab Saudi yang saat ini gencar dibangun. Kerajaan ingin beriventasi miliaran dolar dalam bentuk infrastruktur, guna meningkatkan sektor pariwisata.

Tidak hanya itu, Kerajaan Arab Saudi menawarkan pengalaman agama dan budaya bagi umat Muslim yang tengah melaksanakan umrah, yang sejalan dengan Saudi Vision 2030.

Berdasarkan data Arabian Trains, kereta tersebut diperkirakan akan digunakan 60 juta penumpang setiap tahunnya. Sebanyak 113 kursi kelas bisnis dan 2 kursi khusus penyandang disabilitas dipersiapkan.

Fasilitas yang diberikan antara lain sandaran tangan dan meja lipat, sandaran kepala, stop kontak, dan layar pemutar video. Selain itu setiap gerbong kelima kereta terdapat kafetaria.

Stasiun kereta cepat Madinah Haramain terdekat dengan Masjid Nabawi yaitu di distrik Al Hadra yang berjarak ± 10 km dari masjid Nabawi. Jika lapar atau haus, ada satu gerbong khusus yang menyediakan cemilan ringan dan minuman. Misalnya, Segelas kopi Americano dihargai 12 riyal atau kira-kira Rp 48 ribu.

Di dalam kereta Anda bisa menatapi hamparan gurun dan bukit-bukit batu yang gagah menjulang sambil menyeruput kopi pahit.

Kereta Haramain saat ini melayani rute sejauh 450 kilometer yang menghubungkan 2 kota suci, Makkah ke Madinah dan sebaliknya, serta berhenti di kota Jeddah.

Kereta cepat melewati lima stasiun sepanjang rute Makkah - Madinah, yakni Stasiun Makkah, Stasiun Jeddah, Stasiun Bandara King Abdul Aziz, Stasiun Kota Ekonomi Raja Abdullah dan Stasiun Madinah.

Harga Tiket dan Cara Pemesanan

Pemesanan tiket dapat dilakukan secara online di laman resmi Haramain High Speed Railway https://sar.hhr.sa/timetable#. Atau agar lebih terencana lebih baik, untuk mengatur jadwal, kelas dan nomor kursi (gerbong) yang diinginkan, gunakan aplikasi HHR Train di Iphone atau Android.

Harga tiket kelas bisnis sebesar SR 362.25 dan untuk tiket kelas ekonomi seharga SR 172.50. Dengan HHSR, perjalanan Madinah-Makkah menjadi lebih singkat menjadi 2 jam 20 menit.

Bagi jamaah yang landing di Bandara King Abdulaziz Jeddah, perjalanan ke Masjidil Haram pun tidak jauh berbeda dari Madinah ke Makkah. Hanya saja dengan jarak yang lebih dekat, biaya transportasi pun jauh lebih murah.

Untuk kereta cepat Haramain, Bandara Jeddah ke Stasiun Makkah al-Mukarramah dapat ditempuh selama 54 menit dengan harga tiket mulai SR 69.00 untuk kelas ekonomi dan SR 109.25 untuk bisnis.

Setelah memilih jadwal perjalanan yang diinginkan, anda diminta melengkapi data diri, termasuk dokumen paspor untuk penumpang internasional.

Selanjutnya tinggal membayar, dengan memasukkan detail kartu kredit atau kartu debit. Setelah pembayaran dikonfirmasi, tiket langsung dikirim melalui email.

Meski harganya tak murah, tapi pengalaman menaiki 'jet darat' Saudi ini sangat layak dicoba

 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id