Ribuan Relawan Khusus Disiapkan untuk Bantu Jemaah Perempuan di Masjid Nabawi
HIMPUHNEWS - Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah melatih 1.350 relawan perempuan untuk membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pengunjung perempuan yang mengunjungi masjid.
Dilansir dari Arab News pada Rabu (06/03), Topik yang dibahas selama pelatihan meliputi pengelolaan massa, komunikasi dengan pengunjung masjid, pengelolaan acara relawan, dan kepedulian terhadap lansia dan penyandang disabilitas.
Pihak berwenang juga telah mengganti karpet di Al-Rawdah Al-Sharifa di Masjid Nabawi sebagai persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, saat terjadi peningkatan signifikan pengunjung dari seluruh dunia.
Karpet baru berkualitas tinggi ini merupakan bagian dari serangkaian perbaikan layanan yang diterapkan otoritas untuk meningkatkan pengalaman pengunjung masjid.
Otoritas mengatakan untuk memberikan kenyamanan para peziarah pihaknya telah mengintensifkan layanan termasuk pekerjaan desinfeksi dan pembersihan, pengelolaan kerumunan orang yang masuk dan keluar masjid, dan bantuan kepada pengunjung yang cacat fisik dan lanjut usia.
Ruang salat khusus dan jalan setapak yang dapat diakses tersedia bagi jamaah lansia saat mengunjungi Al Rawda Al Sharifa.
Lantai diberi pewangi dan permadani disterilkan dengan bahan ramah lingkungan untuk menyediakan lingkungan yang aman dan sehat, badan negara menambahkan.
Selain itu, wadah berisi air Zamzam yang diberkahi tersebar di seluruh masjid, sehingga mudah diakses oleh jamaah.
Masjid Nabawi juga menyediakan layanan Inquire about Madinah atau Pusat 'Penyelidikan Tentang Madinah'. Sebuah layanan luar biasa yang didedikasikan untuk membuat pengalaman pengunjung di Masjid Nabawi tak terlupakan. Dengan stafnya yang siap membantu, pusat ini memberikan panduan dan bantuan yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan setiap pengunjung dan menjawab pertanyaan mereka dengan sangat hati-hati.
Ketersediaan dan komitmen pusat ini juga hadir selama 24/7 dalam menyediakan pilihan transportasi bagi pengunjung lanjut usia dan penyandang disabilitas dalam keadaan darurat menunjukkan dedikasi mereka yang tak tergoyahkan terhadap layanan terbaik.
Para Staff berusaha untuk memastikan bahwa pengunjung memiliki akses ke semua landmark penting, museum, dan masjid budaya di wilayah tersebut, menjadikan masa tinggal mereka di Madinah sebuah pengalaman yang mencerahkan dan memperkaya. Mereka membantu pengunjung dengan informasi antara lain tentang waktu berkunjung ke Rawdah Mulia, Museum Biografi Nabi, dan Peradaban Islam.
Untuk memberi kemudahaan bagi jemaah luar negeri 'Inquire about Madinah' ' merekrut Staff yang fasih berbahasa Arab, Inggris, Urdu, Indonesia, Persia, dan Turki.
Para Staf akan bergabung dibawah tim multimedia yang siap menjawab pertanyaan tentang Rawdah, Pameran Internasional, Museum Biografi Nabi dan Peradaban Islam, serta situs-situs lain di Madinah.
Selain itu, pusat tersebut, yang beroperasi sepanjang waktu, menyediakan informasi tentang transportasi ke dan dari tempat-tempat penting di kota suci tersebut – termasuk kendaraan dan bantuan darurat untuk orang lanjut usia dan penyandang disabilitas – serta museum dan masjid bersejarahnya.
Mohon untuk memberikan komentar dengan jelas, sopan, dan bijaksana
Segala tulisan di ruang publik dapat meninggalkan jejak digital yang sulit dihilangkan
Segala tulisan yang memberikan sentimen negatif terkait SARA, ujaran kebencian, spamming, promosi, dan berbagai hal yang bersifat provokatif atau melanggar norma dan undang-undang dapat diproses lebih lanjut sesuai undang-undang yang berlaku