#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Doa Rasulullah SAW Saat Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 08 Maret 2024, 09:00:29

The-5-Times-of-Namaz-Muslim-Prayer-with-Meaning.jpg

HIMPUHNEWS -Umat Muslim sebentar lagi akan menyambut bulan suci Ramadhan yang diperkirakan akan jatuh pada Senin 11 Maret 2024. Dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan baiknya disambut dengan hati yang penuh suka cita dan rasa syukur karena masih dipertemukan dengan Ramadhan.

Menyambut Ramadhan Para ulama menganjurkan kepada seluruh muslim untuk senantiasa berdoa memohon ampun kepada Allah SWT.

Imam Nawawi dalam Kitab Almajmu mencantumkan hadist yang berisi doa Nabi Muhammad ketika menyambut Ramadhan,

انَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَأَى الْهِلالَ قَالَ : ” اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Artinya: “Sesungguhnya Nabi SAW ketika telah melihat hilal Ramadhan, beliau berdoa; Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah (Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”(HR. Tirmidzi)

Ada juga doa yang tercantum dalalm hadits riwayat Imam Ahmad:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ، قَالَ: ” اللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ، وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ “

Artinya: “Dari Sahabat Anas bin Malik, ia berkata: Nabi Muhammad bersabda ketika memasuki waktu bulan Rajab: “Ya Allah, Berkahilah kami di Bulan Rajab dan Sya’ban. Ya Allah, Berkahilah kami di Bulan Ramadhan” (HR. Ahmad, No.23460).

Dalam keterangan lain, Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki dalam kitabnya Madza fi Sya’ban menuliskan sebuah doa yang dibaca bulan Syaban telah berlalu sebagian (nisfu Syaban), bahkan dianjurkan juga untuk dibaca pada malam-malam setelahnya hingga bulan Ramadhan datang.

Menurut Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, doa inilah yang dibaca para ulama salaf. Doanya adalah:

اللهم إنك عفوٌ كريمٌ تُحب العفو فأعفُ عنّا اللهم إنا نسألك العفو والعافية والمعافاة الدائمة في الدين والدنيا والآخرة

Allahumma innaka afuwwun karim tuhibbul afwa fa’fu ‘anna. Allahumma inna nas’alukal afwa wal afiyah wal mu’afataddaimah fid diini wad dunyaa wal aakhirah.

Ya Allah sesungguhnya Engkau adalah Maha Pemaaf dan Engkau cinta maaf, maka maafkanlah kami. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kemaafan dan kesehatan dan pemeliharaan yang berkesinambungan dalam hal agama, dunia dan akhirat.

Doa ini, menurut Sayid Muhammad, dibaca agar diberi anugerah mendapatkan malam lailatul qadar. amin.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id