#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Jemaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Diimbau Gunakan Masker selama Ramadhan

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 14 Maret 2024, 10:56:35

2020_07_31_101404_1596183409._large.jpg

HIMPUHNEWS - Bulan Suci Ramadhan menandai puncak pelaksanaan ibadah umrah di Arab Saudi. Dimana pada bulan ini kepadatan jemaah di dua Masjid Suci mencapai puncaknya. Selama satu bulan penuh jemaah akan memenuhi masjid hingga membludak ke halaman.

Dengan tingkat kepadatan jemaah di bulan ini, Pihak berwenang mengimbau jemaah umrah memakai masker selama di dua masjid suci tersebut.

Melansir Gulf News, Kamis (14/3/2024), imbauan tersebut disampaikan Direktorat Keamanan Publik Kerajaan melalui media sosialnya, X. Pihaknya menyebut pemakaian masker di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi supaya jemaah terlindungi dari penyakit menular.

Pada bulan Ramadan, jamaah Muslim dari dalam dan luar Arab Saudi biasanya berbondong-bondong ke Masjidil Haram, tempat paling suci umat Islam, untuk melakukan umrah dan salat. Untuk mengatasi gelombang jamaah yang diperkirakan akan terjadi, pihak berwenang Saudi telah meluncurkan serangkaian langkah untuk membantu jamaah melaksanakan ibadah dengan lancar dan nyaman.

Halaman masjid dan lantai dasar diperuntukkan bagi jamaah umrah selama Ramadan. Demikian pula, pihak berwenang telah mengalokasikan gerbang tertentu di masjid-masjid yang luas tersebut sebagai tempat masuk dan keluarnya jamaah guna mencegah kepadatan yang berlebihan.

Selain itu, bus yang mengangkut jamaah tidak diberi akses ke area masjid. Sebaliknya, mereka berhenti di tempat parkir yang telah ditentukan untuk memperlancar lalu lintas dan menghindari kemacetan.

Pada Ramadan ini, Arab Saudi melalui Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menyediakan makanan buka puasa bagi jemaah yang berpuasa.

Arab News melaporkan, Kepresidenan akan menyediakan sekitar lebih dari 8,5 juta takjil yang dibagikan kepada jemaah. Pihaknya juga memberikan layanan air zamzam kepada lebih dari 45 juta penerima manfaat, yang terdiri dari 2,5 juta botol untuk jemaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Selain itu, Kepresidenan juga mendistribusikan gelas minum di 18.000 pendingin air zamzam di seluruh Masjid Nabawi. Selain itu, sebanyak 1.205 kran air minum telah siap dan disebar di halaman luar masjid.

 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id