#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Lebih dari 8 Juta Orang Laksanakan Umrah di Paruh Pertama Bulan Ramadhan

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 28 Maret 2024, 16:29:34

dFTua76jZf3iK9qxciQhMk-1200-80.jpg

HIMPUHNEWS - Menurut Data Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, lebih dari 8 juta Muslim telah melakukan umrah di pertengahan bulan suci Ramadan.

“Sebanyak 8.235.680 orang telah melakukan ibadah tersebut sejak musim dimulai,” kata Kementerian, dikutip Al-arabiya, Selasa (26/3).

Madinah dan Mekah telah ramai dikunjungi jemaah dari seluruh dunia selama bulan yang dianggap sebagai bulan paling suci dalam kalender Islam.

Ramadan menandai periode satu bulan ketika umat Islam di seluruh dunia menahan diri dari makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam. Ibadah tersebut – yang merupakan persyaratan bagi semua umat Islam yang berbadan sehat – mendorong mereka yang menjalankannya untuk fokus pada spiritualitas, doa, dan amal.

Berbeda dengan haji, umrah dapat dilakukan oleh umat Islam kapan saja sepanjang tahun. Meski tidak wajib, umrah memiliki makna spiritual bagi umat Islam.

Ramadan, menyaksikan ratusan ribu umat Islam dari dalam dan luar Arab Saudi berduyun-duyun ke Masjidil Haram untuk menunaikan ibadah haji dan salat.

Pembatasan untuk mencegah kepadatan berlebih

Pekan lalu Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan pembatasan umrah lebih dari satu kali selama Ramadhan, sebagai bagian dari upaya mencegah kepadatan berlebih selama bulan suci tersebut.

Menurut kementerian, inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan, memastikan akses yang adil terhadap umrah untuk semua, dan secara efektif mengelola kerumunan selama periode sibuk.

Untuk menegakkan kebijakan tersebut, platform Nusuk – portal elektronik yang digunakan untuk izin umrah – tidak menampilkan pesan tambahan bagi pengguna yang mencoba meminta izin umrah kedua.

Artikel ini telah tayang di halaman gatra.com dengan judul "Lebih 8 Juta Umat Islam Menunaikan Umrah di Pertengahan Ramadan 2024".


Baca selengkapnya: https://www.gatra.com/news-595500-internasional-lebih-8-juta-umat-islam-menunaikan-umrah-di-pertengahan-ramadan-2024.html

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id