#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Lebih dari Satu Juta Jemaah Laksanakan I'tikaf di Dua Masjid Suci

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 03 April 2024, 11:25:44

Kaaba-umrah-mecca-Grand-mosque_189fa1791d8_large.jpg

HIMPUHNEWS - Lebih dari satu juta jemaah dari seluruh dunia berkumpul melaksanakan I'tikaf di Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah untuk menghidupkan dan mengejar fadilah malam lailatul qadar di 10 hari terakhir Ramadhan. Para Jemaah melakukan rangkaian ibadah dengan kusyuk mulai dari tarawih, dan qiyamullail, mencari berkah dari fase penutup bulan suci, yang dimulai pada hari ke-20 Ramadhan.

Semua sudut-sudut Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dipenuhi oleh jemaah yang dengan khidmat melakukan ibadah dalam suasana spiritual dan tenteram di tengah sistem pelayanan terpadu yang disediakan pemerintah Saudi demi kenyamanan jamaah. Para jemaah bahkan sudah datang sejak pagi sudah untuk memasuki mataf (daerah mengelilingi Ka'bah), halaman Masjidil Haram, dan jalan menuju Dua Masjid Suci.

Dilansir dari gulfnews Selasa (02/04), Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, berkoordinasi dengan berbagai departemen dan lembaga untuk membuat pengaturan terbaik dalam memberikan semua layanan kepada jamaah sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan ibadah mereka dengan mudah dan penuh kenyamanan.

Pihak berwenang pada hari Sabtu (30/03) lalu mulai melaksanakan rencana operasionalnya selama sepuluh hari terakhir bulan suci Ramadhan, di tengah integrasi sistem layanan yang diberikan dan pemanfaatan kemampuan manusia dan mekanik untuk kenyamanan mereka yang mengunjungi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi selama bulan suci.

Otoritas Dua Masjid Suci diketahui telah mengerahkan lebih dari 4.000 pekerja laki-laki dan perempuan, diawasi oleh 200 pejabat Saudi, bekerja sepanjang waktu, untuk membersihkan Masjidil Haram dan halamannya serta 3.516 toilet, selain merawat 9.155 kontainer Zamzam.

Lebih dari 35.000 karpet baru di seluruh musala dan halaman Masjidil Haram dipasang, dan 3.000 gerobak tangan serta 2.000 kendaraan listrik, dan 6.000 kendaraan pendorong.

Dalam perkembangan terkait, ribuan jamaah memulai i’tikaf pada hari Sabtu di Dua Masjid Suci setelah melakukan registrasi secara online.

Sementara itu, Kepresidenan Urusan Agama Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menggencarkan sesi dan program penghafalan Al-Qur’an di Dua Masjid Suci selama sepuluh hari terakhir Ramadhan. Ini termasuk ‘program permanen’ untuk menghafal Al-Qur’an bagi pria dan wanita 24 jam sehari.

Diketahui ada sebanyak 1.230 siswa laki-laki dan perempuan mengikuti program ini yang terdiri dari 102 guru laki-laki dan perempuan. Ada lagi ‘program koreksi bacaan’ untuk pengunjung pria dan wanita, yang dibagi menjadi enam periode, dan 1.300 pengunjung pria dan wanita akan mendapatkan manfaat dari program ini setiap hari.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id