#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Menteri Haji Saudi Buka Forum Umrah dan Ziyarah 2024 di Madinah

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 24 April 2024, 11:36:00

WhatsApp Image 2024-04-24 at 10.24.55 (2).jpeg

HIMPUHNEWS - Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi membuka Forum Umrah dan Ziyarah sekaligus meresmikan King Salman International Convention Center di Madinah pada Senin (22/4/2024) malam waktu setempat.

Peresmian dihadiri langsung Menteri Urusan Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi, Saudi Tawfiq Al Rabiah dan Gubernur Madinah Pangeran Pangeran Salman bin Sultan dan sejumlah pejabat kementerian setempat. Hadir pula perwakilan masing-masing negara, termasuk perwakilan Kementerian Agama.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Haji dan Umrah dan Program Pengalaman Haji dengan acara tiga hari ini menampilkan enam sesi dialog, 24 lokakarya dengan 29 pakar, dan kompetisi yang mencakup kompetisi Kecerdasan Buatan tentang Umrah dan hackathon situs bersejarah yang berkaitan dengan kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Menteri Haji dan Umrah Tawfiq Al-Rabiah mencatat bahwa Program Pengalaman Ziarah adalah salah satu komponen utama Visi Kerajaan 2030.

“Dua Masjid Suci diperkirakan akan menjadi saksi masuknya jutaan jamaah dan peziarah, pertemuan terbesar di satu tempat, yang perlu dikelola oleh personel keamanan dari Kementerian Dalam Negeri dan dari Otoritas Umum untuk Urusan Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dalam situasi yang kompleks,” kata Al Rabiah seperti dilansir dari saudigazette Selasa (23/04).

WhatsApp Image 2024-04-24 at 10.24.54.jpeg

Al-Rabiah juga menyoroti peningkatan jumlah kunjungan jemaah ziyarah haji dan umrah yang signifikan pasca pandemi covid-19. Hal ini bisa dilihat dari padatnya kunjungan jemaah ke Raudhah di Masjid Nabawi yang mencapai 19 juta jemaah dalam 2 tahun terakhir.

Al-Rabiah mengatakan bahwa salah satu tujuan utama Program Pengalaman Ziarah adalah untuk memperkaya pengalaman pengunjung. Forum tersebut, katanya, adalah sebuah platform komprehensif di mana sekitar 180 pembicara dari Arab Saudi dan luar negeri akan membahas cara-cara untuk lebih meningkatkan pengalaman ini.

Sementara itu, Gubernur Madinah Pangeran Salman bin Sultan menekankan peningkatan pelayanan pada masa pemerintahan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Beliau mencatat peran forum dalam mendorong dialog dan menghasilkan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan layanan bagi para tamu Allah sejak kedatangan mereka hingga keberangkatan mereka dari Kerajaan.

Forum ini juga bertujuan sebagai platform komprehensif bagi 180 pembicara dari dalam dan luar negeri untuk membahas peningkatan lebih lanjut dalam pengalaman haji. Ini mencakup pameran dengan lebih dari 100 paviliun yang menampilkan layanan dari berbagai sektor seperti pariwisata, kesehatan, teknologi, dan banyak lagi.

662733183202f-forum-umrah-dan-ziyarah-di-king-salman-international-convention-center-madinah-arab-saudi-senin-2204_1265_711.jpg
Dari sisi Gedung King Salman International Convention Center, terdapat beberapa fasilitas mewah antara lain auditorium utama yang berukuran cukup besar dan diperkirakan mampu menampung 3.000 orang. Auditorium utama berada di lantai 2. Di lantai 1, ada beberapa spot yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pameran haji dan umrah sekaligus juga disiapkan pressroom untuk awak media.

Pada kegiatan peresmian gedung juga dilakukan penandatanganan bersama antara perusaan travel haji dan umrah dengan pemerintahan setempat. Termasuk sambutan-sambutan dari pejabat berwenang.

Dalam kegiatan itu juga ditampilkan melalui tayangan video beberapa lokasi-lokasi bersejarah di Madinah seperti Masjid Nabawi, Masjid Quba, Qiblatain, Mimbar Raudah, Museum bersejarah masa Nabi Muhammad SAW yang tujuannya menarik para peziarah baik yang tengah ibadah haji dan umrah untuk berkunjung ke sana.

 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id