#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Usai Diguyur Hujan Lebat, Kota Madinah Diterjang Banjir Bandang

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 02 Mei 2024, 11:35:16

tEfO21ZD-jeddah-flood-1200x720.jpg

HIMPUHNEWS - Banjir dan hujan lebat melanda bagian utara Kerajaan Arab Saudi. Kondisi tersebut memaksa penutupan jalan-jalan dan pihak sekolah membatalkan kehadiran tatap muka. Langkah tersebut dilakukan di tengah peringatan perjalanan yang dikeluarkan oleh otoritas meteorologi negara Teluk.

Melansir Arabnews, rekaman yang dilaporkan oleh outlet seperti Sky News dan lainnya yang beredar di media sosial menunjukkan banjir bandang pada hari Senin (29/4/2024) di provinsi Al-Ula dan Al-Madinah, rumah bagi Masjid Al-Nabawi, situs tersuci kedua umat Islam dan tempat pemakaman Nabi Muhammad. 

Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan hujan deras di dekat masjid. Menurut laporan media Saudi, pihak berwenang saat ini sedang menilai situasi di daerah yang terkena dampak.

Direktorat Pertahanan Sipil mengimbau warga untuk berhati-hati dan menghindari lembah dan saluran air. Mereka menyarankan agar tidak melintasi atau memasuki kawasan ini, dan agar pengemudi sangat waspada di jalan pedesaan.

Sementara, Pusat Meteorologi Nasional Saudi (NCM) mengeluarkan peringatan merah untuk wilayah Al-Madinah pada Senin pagi, memperkirakan akan terjadi hujan lebat dan badai petir. Peringatan tersebut khusus mencakup Al-Ula mulai siang hari hingga jam 11 malam.

NCM memperkirakan akan terjadi hujan lebat selama periode ini, disertai angin kencang, berkurangnya jarak pandang, hujan es, dan potensi banjir bandang.

NCM mengatakan sebagian besar wilayah Kerajaan akan mengalami hujan petir dengan intensitas sedang hingga deras disertai angin kencang hingga Jumat.

Beberapa wilayah yang terdampak antara lain Asir, Baha, Makkah, Madinah, Jazan, Qassim, Jouf, Hail, Tabuk, Perbatasan Utara, Riyadh dan Provinsi Timur. Wilayah Riyadh juga dilanda badai pasir lebat disertai angin kencang pada Minggu (28/4/2024) malam.

NCM meminta masyarakat untuk tetap berada di rumah menyusul adanya peringatan cuaca buruk. Sekolah-sekolah di Jeddah, Makkah, dan Madinah memutuskan mengubah pembelajaran jarak jauh. The King Abdulaziz University di Jeddah, University of Jeddah, University of Taif, dan Umm Al Qura University di Makkah ditutup pada hari Senin dan menunda jadwal ujian hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Kondisi cuaca ekstrem ini terjadi beberapa hari setelah banjir bandang melanda negara tetangga, UEA dan Oman di tenggara, kejadian langka sepanjang tahun ini yang sebagian disebabkan oleh perubahan iklim.

Pada November 2022, Arab Saudi dilanda banjir pesisir akibat hujan lebat yang melanda kota Jeddah hingga menewaskan dua orang.

Banjir di Jeddah merupakan masalah berulang yang disebabkan oleh kurangnya saluran air hujan.

Banyak kota di negara-negara Teluk dibangun tanpa sistem drainase badai yang memadai karena perencana kota pada abad ke-20 tidak mengantisipasi perubahan dramatis di daerah Semenanjung Arab yang biasanya gersang.

 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id