#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Belum Tahun Ini, Modifikasi Awan dari Thaif ke Makkah Baru Bisa Dilakukan pada Musim Haji Mendatang

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 22 Mei 2024, 05:59:17

FotoJet (2).jpg

HIMPUHNEWS - Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi (NCM) menutup kemungkinan penggunaan teknologi modifikasi awan dari Provinsi Thaif ke Kota Suci Makkah untuk mengurangi suhu panas pada musim haji tahun ini.

Juru Bicara Pusat NCM, Hussein Al-Qahtani menyebut bahwa teknologi itu baru bisa dimanfaatkan untuk ibadah haji di masa depan jika disetujui oleh otoritas terkait.

“Idenya sendiri belum terkristalisasi karena masih dalam tahap awal. Ide tersebut perlu kajian mendalam oleh para ahli sebelum diimplementasikan untuk ibadah haji tahunan di masa depan,” ujarnya.

Menurut Al-Qahtani teknologi modifikasi awan ini dapat membantu memastikan tingkat kesejukan yang luar biasa di atmosfer Mina, Arafah dan Muzdalifah selama musim haji, ujarnya.

Perlu dicatat bahwa penyemaian awan adalah teknik modifikasi cuaca yang meningkatkan kemampuan awan untuk menghasilkan hujan atau salju dengan memasukkan inti es kecil ke dalam jenis awan subbeku tertentu.

Saudi Regional Cloud Seeding Program telah melaksanakan sebanyak 451 penerbangan untuk cloud seeding dan penelitian dengan total 1.424 jam terbang selama tahun 2023.

Jumlah tersebut meliputi 415 penerbangan untuk cloud seeding dengan waktu terbang 1.312:45 dan 36 penerbangan untuk penelitian dengan durasi jam terbang 111:29.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id