#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Soal Area Maktab yang Kotor, Anggota Amirul Hajj Indonesia: Ada Andil dari Kebiasaan Jemaah

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 20 Juni 2024, 13:47:07

FotoJet (32).jpg

HIMPUHNEWS - Salah satu Anggota Amirul Hajj Indonesia, Ariati Dina Puspitasari merespons masalah kebersihan lingkungan di sekitar maktab yang dikeluhkan jemaah.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah ini tidak sepenuhnya menyalahkan Syarikah Mashariq selaku pengelola maktab. Ia justru menyoroti kebiasaan buruk jemaah haji Indonesia yang terbawa hingga ke Tanah Suci.

Ia mengatakan, setiap maktab telah menyediakan petugas kebersihan yang dikoordinir oleh Masyariq. Mereka bertugas membersihkan pada jam-jam tertentu.

"Ada andil kebiasaan (habit) di Indonesia yang terbawa kemari, yang mengakibatkan adanya keluhan tentang kondisi disekitar maktab yang kotor akibat makanan yang berceceran," terangnya seperti dilansir dari Kemenag.go.id, Kamis (20/6/2024).

Menyoal kebersihan di toilet, khususnya toilet perempuan, ketua umum organisasi dengan tagline ramah perempuan dan anak ini mengajak agar setiap jamaah lebih menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama.

"Ya, saat mabit di Mina kemarin saya kebetulan ingin buang air kecil dan menemukan toilet yang mampet karena pembalut wanita yang dibuang di lubang WC," ungkapnya.

"Semoga jemaah bisa lebih menyadari bahwa toilet tersebut digunakan bersama sehingga perlu saling menjaga agar toilet dapat digunakan oleh jemaah berikutnya. Termasuk memperhatikan simbol-simbol di toilet," tegas salah satu srikandi amirul hajj yang segera mengambil langkah melaporkan kondisi tersebut.

Selain itu, ia juga berharap edukasi tentang kebersihan diri dan lingkungan bisa dimasukkan sebagai salah satu materi manasik haji di KBIHU, untuk mencegah dan mengurangi persoalan lingkungan.

"Bila jemaah sudah well-educated tentang situasi saat di Arafah Muzdalifah Mina (Armuzna) khususnya tentang kebersihan diri dan lingkungan, mungkin dapat sedikit mengurangi persoalan kebersihan lingkungan," imbuh Ariati

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id