#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37

Saudi Umumkan Pembangunan King Salman Stadium, Stadion Sepakbola Super Megah dan Terbesar di Dunia

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 29 Juli 2024, 15:17:12

FotoJet (56).jpg

HIMPUHNEWS - Pemerintah Arab Saudi baru-baru ini mengumumkan rencana ambisius untuk membangun Raja Salman Stadium. Stadion sepakbola yang diperkirakan rampung pada tahun 2029 ini berkapasitas 92.000 penonton dan membentang di area seluas lebih dari 660.000 meter persegi di Riyadh.

Kementerian Olahraga Arab Saudi telah mengungkapkan desain dan rencana masa depan untuk Stadion Raja Salman dan kompleks olahraga di sekitarnya. Stadion ini akan menjadi salah satu venue olahraga terbesar di dunia, dan akan menjadi stadion utama tim nasional Saudi serta tempat penyelenggaraan acara dan kegiatan olahraga utama.

Stadion Raja Salman dan Kompleks Olahraga

Stadion Raja Salman dan kompleks olahraganya akan mencakup area seluas lebih dari 660.000 meter persegi, dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk berbagai kegiatan olahraga. Lokasinya akan mencakup pusat komersial dan area rekreasi yang dapat diakses oleh semua kelompok umur sepanjang hari, menjadikannya tujuan wisata yang menarik bagi pengunjung dari dalam dan luar Kerajaan.

Stadion utama akan memiliki kapasitas tempat duduk 92.000 penonton, termasuk royal box dengan 150 kursi, 120 ruang tunggu, 300 kursi VIP, dan 2.200 kursi untuk pejabat tinggi. Stadion ini akan dilengkapi dengan sistem pendingin di area kursi penonton dan lapangan permainan.

Para pengunjung juga dapat menikmati taman dalam ruangan dan jalur jalan kaki di atap stadion yang menawarkan pemandangan spektakuler Taman King Abdulaziz.

Lokasi dan Akses

Terletak di bagian utara Riyadh di King Salman Road, berdekatan dengan King Abdulaziz Park, stadion ini mudah diakses dari berbagai lokasi penting di kota tersebut, seperti Bandara Internasional King Khalid. Stadion ini terhubung dengan baik ke stasiun kereta api Riyadh dan jaringan jalan utama.

Fasilitas Tambahan

Rencana induk untuk Stadion Raja Salman mencakup beberapa fasilitas olahraga di sekitarnya seluas lebih dari 360.000 meter persegi. Fasilitas utama meliputi dua lapangan latihan tambahan, zona penggemar, aula olahraga dalam ruangan, kolam renang Olympic, dan lintasan atletik. Lapangan luar ruangan untuk bola voli, basket, dan padel juga akan tersedia. Semua fasilitas ini akan dihubungkan oleh jalur olahraga sepanjang 9 kilometer yang mengelilingi Taman King Abdulaziz.

Desain dan Konstruksi

Desain stadion dan fasilitasnya dipilih melalui pengajuan dari enam perusahaan internasional, dan dirancang untuk memenuhi persyaratan FIFA serta menegakkan standar keberlanjutan dan keunggulan arsitektur.

Desain akhir terinspirasi oleh konsep pegunungan dan terintegrasi dengan mulus dengan Taman King Abdulaziz melalui lembah yang berpotongan dengan ruang hijau di sekitarnya. Arsitektur stadion mencakup dinding dan atap hijau seluas lebih dari 96.500 meter persegi, yang terinspirasi dari arsitektur lokal dan memenuhi standar keberlanjutan lingkungan.

Stadion ini diharapkan menjadi landmark olahraga yang ikonik dan akan dilengkapi dengan baik untuk menyelenggarakan berbagai acara hiburan lokal dan internasional. Stadion Raja Salman juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup di Riyadh dan mengangkat peringkat global kota tersebut sebagai salah satu kota paling layak huni di dunia.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id