#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37

Makkah Hadapi Cuaca Ekstrem, Kementerian Haji Begikan Tips agar Umrah Aman dan Lancar

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 12 Agustus 2024, 08:17:43

WhatsApp Image 2024-08-12 at 09.05.00.jpeg

HIMPUHNEWS - Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil Arab Saudi mengatakan badai petir diperkirakan akan terus melanda Makkah dan wilayah lain di Arab Saudi hingga Selasa mendatang. Salah satu titik di Makkah terdampak banjir parah sedangkan kawasan Masjidil Haram masih aman.

Dilaporkan Saudi Gazette, perkiraan badai petir yang dikeluarkan otoritas setempat berlangsung mulai Jumat (9/8/2024) hingga Selasa (13/8). Tercatat, wilayah Makkah akan terkena dampak paling besar hingga menyebabkan hujan lebat, hujan es, dan badai debu selama beberapa hari.

Daerah-daerah tersebut meliputi Taif, Maysan, Adham, Al-Kamil dan Al-Ardiyat sementara hujan ringan hingga sedang diperkirakan akan turun di Ibukota Suci, Al-Kamil, Al-Jumum, Qunfudhah, Allaith, Al-Khurmah, Turbah, Raniyah dan Al-Mawiyah.

Dampak cuaca buruk di Arab Saudi beberapa hari terakhir ini dialami di sejumlah titik Makkah, Arab Saudi. Salah satunya di Al-Jumum yang menyebabkan unta dan sapi hanyut terbawa arus banjir.

Mengutip Khaleej Times, dalam sebuah video yang diunggah oleh Storm Centre, unta, hewan ternak dan material terlihat hanyut saat banjir bandang melanda sebuah lembah di Al-Jumum di Makkah pada Selasa lalu.

Titik lainnya di Ardiyat, Makkah, dilaporkan sebuah lembah meluap setelah hujan lebat, dengan langit kelabu mendung terlihat di latar belakang pegunungan.

Otoritas setempat sudah memperingatkan warga sekitar untuk menjauhi daerah dataran rendah, genangan air, dan dasar lembah saat hujan lebat dan banjir bandang.

Meski badai petir dan hujan lebat melanda Makkah, jemaah masih tetap bisa melaksanakan ibadah umrah. Kondisi kawasan Masjidil Haram tidak separah beberapa titik di Makkah. Dilaporkan hanya ada hujan lebat dan angin kencang yang menyelimuti sekitaran Ka'bah.

Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil memperingati warganya untuk berhati-hati dan menjaga keselamatan mereka. Pihak mereka meminta agar masyarakat untuk tidak keluar rumah dan menjauhi daerah-daerah dataran rendah, genangan air dan dasar lembah saat hujan serta banjir.

Tips Tetap Aman Saat Umrah

Menanggapi cuaca ekstrem yang melanda kota Makkah tersebut , Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi membagikan tips umrah agar aman dan lancar.

"Kondisi hujan di dekat Rumah Suci memerlukan kewaspadaan ekstra saat umrah. Demi keselamatan Anda, ikuti dengan cermat semua panduan dan arahan yang dikeluarkan oleh otoritas terkait saat melakukan ritual dalam cuaca basah," ujar kementerian melalui akun X.

Berikut beberapa tips umrah dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang bisa menjadi panduan jemaah sebagai antisipasi hujan:

  • Tetap pantau terus ramalan cuaca.
  • Bawa payung tahan air untuk melindungi diri dari hujan.
  • Bagi yang tidak dalam keadaan ihram dan wanita, disarankan mengenakan pakaian tahan hujan.  
  •  

Adapun, apabila hujan turun ketika sedang menjalankan ritual umrah, jemaah bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Jika punya masalah kesehatan, hentikan tawaf Anda.
  • Lanjutkan dengan hati-hati saat berjalan di area mataf untuk mencegah kecelakaan (seperti terjatuh).
  • Demi keselamatan Anda, hindari memakai kaus kaki karena bisa meningkatkan risiko terpeleset.
  • Patuhi panduan instruksi dan petugas keamanan untuk memastikan ibadah lancar dan aman bagi semua orang.

Kementerian minta jemaah agar mempertimbangkan tawaf di tempat yang lebih tinggi di Masjidil Haram selama curah hujan tinggi. "Langkah ini meningkatkan keselamatan dan memungkinkan pengalaman tawaf yang lebih aman," tutup kementerian.


messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id