#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37

Masjidil Haram Sediakan 6 Area Ibadah Khusus bagi Penyandang Disabilitas

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 13 Agustus 2024, 09:17:02

E_EVXxBXEAU8IMA.jpg

HIMPUHNEWS - Masjidil Haram di Makkah  sangat memperhatikan kebutuhan jamaah penyandang disabilitas dalam beribadah, memastikan semua jamaah menikmati pengalaman yang tak terlupakan.

Diketahui untuk memastikan kenyamanan ibadah mereka, Masjidil Haram menyediakan enam area ibadah khusus bagi penyandang disabilitas beserta sejumlah fasilitas pendukung tersedia di area tersebut.

Dikutip dari gulfnews, Senin (12/8/2024), area ibadah khusus penyandang disabilitas ini dilengkapi alas tayamum, tongkat putih untuk tunanetra, mushaf Al-Qur'an yang dilengkapi pulpen untuk lansia, dan juru bahasa isyarat yang bertugas menerjemahkan khotbah dan kajian keagamaan.

Area ini menyediakan layanan untuk memenuhi persyaratan kesehatan dan keamanan pengunjung mulai dari kedatangannya di Masjidil Haram hingga selesai beribadah. Pemerintah memastikan bahwa jalur landai, tangga, elevator, lereng dan jembatan yang dilengkapi peralatan khusus memenuhi kebutuhan mereka. Bahasa isyarat digunakan di Masjidil Haram untuk membantu gangguan pendengaran.

Selain itu, Khutbah Jumat diterjemahkan ke dalam bahasa isyarat di area sholat, dan terdapat Al-Qur'an Braille, tempat Al-Qur'an yang fleksibel, dan air Zamzam. Buku-buku Islam dalam huruf Braille juga tersedia. Tim sukarelawan layanan kesehatan siap membantu memenuhi kebutuhan jamaah. Terdapat kereta golf di halaman Masjidil Haram khusus untuk penyandang disabilitas, sehingga memudahkan pergerakan mereka dari halaman ke gerbang yang ditentukan.

Sediakan Kursi Roda Gratis 24 Jam Non Stop

SPA turut melaporkan, Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah meluncurkan berbagai layanan transportasi komprehensif untuk membantu jemaah lansia dan penyandang disabilitas di Masjidil Haram. Layanan kursi roda gratis tersedia selama 24 jam nonstop di area-area tertentu.

Otoritas tersebut juga mengoperasikan 5.000 mobil golf untuk mengangkut jemaah. Kendaraan ini tersedia di area Mas'a, Mataf, dan atap Masjidil Haram. Jemaah yang ingin menggunakan layanan bisa mengakses melalui aplikasi Tanaqol.

Khusus jemaah lansia dan penyandang disabilitas bisa memanfaatkan layanan mobil golf khusus yang tersedia di atap Mataf. Ada 50 mobil yang siap melayani jemaah.

"Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan otoritas tersebut untuk memberikan pengalaman ziarah yang lancar bagi semua pengunjung," lapor SPA, Jumat (9/8/2024).


messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id