#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37

Waspada! Ini Jenis Modus Penipuan yang Sering Dialami Jemaah saat di Madinah

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 13 Agustus 2024, 10:06:57

69545-masjid-nabawi-di-madinah.jpg

HIMPUHNEWS - Banyak cara ditempuh orang untuk melakukan penipuan. Tak terkecuali, di Tanah Suci Madinah saat banyak jemaah dari berbagai penjuru dunia, berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Biasanya para penipu ini menggunakan banyak modus dan cara untuk mengelebuhi para jemaah dari mancanegara. Untuk itu jemaah haji dan umrah diharapkan agar selalu waspada, tidak terpisah dengan rombongan dan jangan gampang mudah terbujuk apapun yang ditawarkan oleh orang asing, karena itu bisa jadi modus penipuan. Berikut beberapa modus penipuan yang kerap dialami jemaah saat berada di Madinah dilansir dari @pilgrimsocial :

Penipuan akomodasi

Penipuan akomodasi sering terjadi dalam pemesanan saat ubadah umrah dan dapat menjadi masalah besar bagi banyak jemaah. Beberapa operator perjalanan menjanjikan properti mewah di Madinah, tetapi saat tiba, jemaah sering kali menemukan akomodasi di bawah standar atau bahkan tidak ada sama sekali. Untuk menghindari menjadi korban penipuan ini, penting untuk mengajukan pertanyaan terperinci tentang pemesanan Anda, melakukan riset sendiri, dan memastikannya sesuai dengan anggaran dan rencana Anda.

Penipuan taksi

Taksi menjadi salah satu pilihan transportasi bagi jemaah haji dan umrah di tanah suci. Namun seringkali, banyak taksi nakal yang berkeliaran dan menawarkan jasanya kepada para jemaah. Jika tidak berhati hati, jemaah bisa merogoh kocek cukup mahal padahal untuk jarak yang tidak terlalu jauh.

Masyarakat Indonesia yang melaksanakan umrah maupun haji hendaknya tahu ciri-ciri taksi legal di Arab Saudi agar tidak terjadi modus penipuan di atas. Selain itu, jika bepergian di Saudi tidak menggunakan taksi legal sangat berbahaya. Apalagi ketika umrah dan musim haji tiba akan banyak bermunculan taksi yang tak resmi.

Jadi saat naik taksi, pastikan Anda memilih taksi resmi. Dalam beberapa kasus, tentukan tarif terlebih dahulu, dan pastikan untuk meminta sopir taksi menyalakan argo sehingga tarif dihitung secara akurat. Masukkan tujuan Anda ke GPS untuk mengetahui jarak dan pastikan sopir tidak mengambil rute yang lebih jauh untuk menagih Anda lebih banyak.

Sopir taksi bercerita tentang kisah sedih

Hati-hati dengan sopir taksi, baik resmi maupun tidak resmi, yang menceritakan kisah-kisah menyedihkan tentang kesulitan hidup di rumah atau mengaku akan pergi berjihad di Palestina, lalu meminta sumbangan. Semua itu adalah kebohongan yang dirancang untuk menipu Anda, karena mereka tahu para peziarah sering merasa iba dan menjadi murah hati dan tidak akan mempertanyakan cerita-cerita itu. Jangan pernah tertipu oleh modus ini yaa jemaah.

Penipuan pengemis

Beberapa penipu memanfaatkan belas kasihan dan rasa empati jamaah terhadap pengungsi yang berkumpul di sekitar Masjid Nabawi. Mereka menggunakan situasi ini untuk meminta sumbangan dengan dalih membantu pengungsi, butuh uang untuk operasi dan menjual kisah sedih lainnya, padahal uang yang mereka kumpulkan mungkin tidak benar-benar digunakan untuk tujuan yang baik.

Biasanya mereka mengaku sebagai para pengungsi dari Palestina, Suriah atau bahkan orang sakit. Para jemaah Indonesia yang terkenal tidak tegaan dihimbau untuk waspada, karena jumlah sumbangan yang diminta biasanya cukup besar.

Orang-orang ini adalah pengemis profesional yang mengarang cerita-cerita ini untuk membangkitkan simpati dan membujuk Anda memberi mereka uang.

Penipuan Uang receh

Beberapa toko di Madinah mungkin memberi uang receh kepada Anda, meskipun tahu bahwa hanya sedikit yang akan memerhatikannya. Jika Anda terbiasa mempercayai toko, berhati-hatilah di sini. Konfirmasikan harga dan periksa kembali uang kembalian Anda. Jika uang kembalian Anda kurang, mintalah jumlah yang benar. Mereka akan mematuhinya karena hukuman yang ketat untuk pencurian.

Penipuan foto

Salah satu penipuan paling umum yang dilaporkan oleh wisatawan di Arab Saudi melibatkan penipu yang meminta Anda untuk mengambil foto mereka dan menyerahkan kamera mereka kepada Anda. Saat Anda mengembalikan kamera, mereka akan sengaja menjatuhkannya dan secara agresif meminta uang dari Anda karena diduga telah merusaknya.

Penipuan Zam Zam Palsu

Waspadalah terhadap toko yang menjual air Zam Zam palsu. Toko-toko ini mungkin mencoba mengambil keuntungan dari Anda jika Anda memiliki waktu terbatas atau tidak memiliki botol atau wadah.

Pastikan untuk membeli Zam Zam dari toko yang kredibel. Jika Anda terbang dari Jeddah atau Madinah, ada konter Zam Zam di luar bandara tempat Anda dapat membeli Zam Zam dalam wadah yang dikemas.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id