#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37

Pemerintah Targetkan Bandara IKN Bisa Layani Penerbangan Umrah

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 24 September 2024, 10:15:00

16062023-Bandara-IKN.jpg

HIMPUHNEWS - Pemerintah berencana mengembangkan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk tidak hanya melayani penerbangan domestik, namun juga mancanegara. Bandara tersebut rencananya juga kan dikembangakan untuk dapat melayani penerbangan ibadah haji, umrah dan perjalanan jarak jauh hingga ke Eropa dan Amerika Serikat.

"Kita ada pemikiran dan Pak Presiden (Jokowi) sudah setuju, ini untuk umum yang bisa digunakan untuk umrah, untuk penerbangan yang jarak jauh. Dari IKN sampai ke Eropa, ke Amerika," kata Budi di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, seperti dikutip Detik, Sabtu (22/9).

Kendati demikian, pihaknya masih akan membahas lebih lanjut terkait dengan rencana memfungsikan Bandara IKN untuk umum. Pasalnya, pemerintahtengah mengkaji opsi pengelolaan bandara dengan menggandeng pihak swasta.

"Kita akan bahas lagi. Karena selain untuk umum yang sifatnya umum biasa, dan umum yang kita kolaborasikan dengan investasi yang baru, itu ada dua tahap," ujarnya.

Rencananya, pemerintah akan melibatkan perusahaan asing untuk mengembangkan Bandara IKN melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Langkah serupa juga akan dikolaborasikan dengan Bandara Sepinggan di Balikpapan.

"Kami sedang bicara dengan investor dalam dan luar negeri, sebenarnya ini jadi satu kesempatan juga untuk melakukan KPBU," tuturnya.

Meski demikian, Budi Karya mengatakan rencana Bandara IKN untuk penerbangan internasional itu masuk ke tahap dua pengembangan. Dia mengatakan saat ini pemerintah masih berfokus pada pengembangan tahap satu, yaitu Bandara IKN dapat melayani pendaratan pesawat kepresidenan dan umum untuk kepentingan IKN.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi sendiri diagendakan mendarat perdana di Bandara Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Selasa siang, menggunakan pesawat kepresidenan dari Pontianak, Kalimantan Barat.

"Siang ini rencana Bapak Presiden akan mendarat perdana di Bandara IKN," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Jakarta, Selasa.

Yusuf mengatakan Presiden Jokowi menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ85 dari Pontianak menuju Bandara IKN.

Presiden dijadwalkan menuju IKN setelah meresmikan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) milik PT Borneo Alumina Indonesia di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat pada Selasa pagi.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id