#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37

Imbas Banyak Pengemis dengan Visa Umrah, Saudi Ancam Perketat Aturan Bagi Jemaah dari Pakistan

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 25 September 2024, 10:38:22

WhatsApp Image 2024-09-25 at 10.51.11.jpeg

HIMPUHNEWS - Arab Saudi telah memperingatkan Pakistan untuk menindak tegas para pengemis yang membanjiri kota-kota di Kerajaan khususnya di dua kota suci Makkah dan Madinah. Diketahui para pengemis itu masuk ke Arab Saudi menggunakan visa umrah dan haji. Untuk itu Pemerintah Saudi  meminta Kementerian Agama Islamabad untuk mencegah orang-orang seperti itu mendapatkan visa dan memasuki wilayahnya untuk tujuan mengemis.

Dilansir dari laman pemberitaan lokal paskistan siasat.com Rabu (25/09), Pemerintah Saudi mengeluarkan peringatan kepada Pakistan setelah sejumlah besar warga negara Pakistan tertangkap mengemis dan dideportasi. Terungkap bahwa para pengemis Pakistan itu telah memasuki kerajaan itu dengan visa umrah dan haji dan memanfaatkan waktu mereka untuk mengemis di jalan-jalan Mekkah dan Madinah.

Jika ini terus berlanjut, Jamaah umrah Pakistan mungkin menghadapi peraturan visa yang lebih ketat karena pihak berwenang menindak tegas para pengemis yang memasuki Arab Saudi dengan kedok melaksanakan ibadah.

Para pejabat Saudi khususnya khawatir bahwa masuknya pengemis yang memasuki negara tersebut dengan visa umrah dapat merusak reputasi jamaah haji Pakistan yang asli, yang berpotensi menyebabkan lebih banyak penolakan visa bagi mereka yang berencana untuk melakukan ziarah.

Sumber-sumber di Kementerian Agama Pakistan mengonfirmasi bahwa Arab Saudi telah menyampaikan kekhawatiran serius atas meningkatnya jumlah pengemis Pakistan yang mendarat di kerajaan itu dengan visa umrah.

“Arab Saudi telah memperingatkan bahwa jika situasi itu tidak terkendali, hal itu dapat berdampak negatif pada jamaah umrah dan haji Pakistan,” kata sumber itu.

Kementerian Agama Pakistan sendiri telah memperkenalkan ‘UU Umrah’ yang bertujuan untuk mengatur agen perjalanan yang memfasilitasi perjalanan Umrah dan menyatukan mereka di bawah satu payung hukum untuk menjaga pengawasan hukum atas mereka dan prosedur mereka untuk penyediaan visa.

Masalah pengemis Pakistan telah menjadi aib bagi pemerintahan Shehbaz Sharif selama beberapa waktu sekarang dan baru-baru ini dibahas selama pertemuan antara Menteri Dalam Negeri Pakistan Mohsin Naqvi dan utusan Saudi di Islamabad Nawaf Bin Said Ahmed Al-Malki.

Naqvi telah meyakinkan bahwa tindakan tegas sedang diambil terhadap “mafia” yang bertanggung jawab untuk mengirim pengemis ke Arab Saudi.

Pemerintah Pakistan telah menugaskan Badan Investigasi Federal (FIA) untuk menindak jaringan mafia dan agen perjalanan tersebut, yang membawa rasa malu dan aib bagi negara dengan tindakan mereka.

“Mafia pengemis merusak citra Pakistan,” kata Menteri Dalam Negeri Mohsin Naqvi.

Beberapa negara Teluk, yang menampung jumlah terbesar warga negara Pakistan di luar negeri, telah menyuarakan keprihatinan serius atas perilaku warga negara Pakistan dan semakin memperketat proses pemeriksaan mereka.

“Negara-negara Teluk telah menyatakan keprihatinan mengenai perilaku warga negara Pakistan di luar negeri, khususnya dalam hal etika kerja, sikap, dan keterlibatan dalam kegiatan kriminal. Hal ini berdampak negatif besar dan merusak reputasi pekerja Pakistan di luar negeri,” kata Arshad Mahmood, Sekretaris Warga Negara Pakistan di Luar Negeri.

Bulan lalu, 11 orang yang diduga pengemis ditangkap di bandara Karachi dan diturunkan dari pesawat tujuan Arab Saudi. Mereka ditangkap setelah dihentikan dan diinterogasi oleh petugas FIA selama proses imigrasi. Kemudian terungkap bahwa mereka semua bepergian dengan tujuan tinggal di Arab Saudi.

Akibatnya, jamaah haji Pakistan mungkin menghadapi kesulitan yang meningkat dalam memperoleh visa umrah hingga langkah-langkah yang lebih ketat diberlakukan untuk mencegah penyalagunaan visa ini untuk kegiatan yang melanggar hukum.

 

 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id