#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37

Bandara Kertajati Ditargetkan Mulai Layani Penerbangan Umrah pada Januari 2025

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 09 Oktober 2024, 08:00:16

1699684928-BUD_5941.jpg

HIMPUHNEWS - Kesuksesan Bandara Intahun Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dalam melayani penerbangan jemaah haji tahun 2024 menuai banyak pujian. BIJB Kertajati yang melayani penerbangan untuk 30 kloter jemaah haji tahun 2024, dianggap memiliki kesiapan fasilitas yang mumpuni untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para jemaah.

Dimana bandara di Majalengka tersebut, sudah dilengkapi fasilitas ruang tunggu penerbangan internasional dengan luas 92 ribu meter persegi yang dapat menampung lebih dari 600 penumpang. Kesigapan BIJB Kertajati dalam melayani jemaah juga terlihat dengan tak adanya keterlambatan penerbangan pada haji tahun 2024 ini.

Atas kesuksesan ini, pemerintah berencana menjadikan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka sebagai pusat pemberangkatan umrah nasional.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menegaskan Pemrov Jawa Barat akan terus berupaya dalam mengoptimalisasi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, sebagai gerbang utama pariwisata di Jaba dan sebagai hub penerbangan umrah.

Bey Machmudin mengungkapkan hal itu dalam acara Welcome Dinner West Java Travel Mart (WJTM) 2024 di Plataran Bandung, pada Selasa 8 Oktober 2024.

Acara WJTM 2024 diikuti oleh puluhan buyer dan seller dari berbagai kota di Indonesia dan Malaysia. Ajang tersebut bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata Jabar serta mendorong kolaborasi antara para pelaku industri pariwisata.

Dalam sambutannya, Bey menyoroti pentingnya kolaborasi berbagai pihak, terutama pelaku industri pariwisata untuk memanfaatkan potensi besar yang dimiliki Bandara Kertajati khususnya untuk penerbangan umrah.

"Saya hanya nitip Kertajati. Bandara ini sudah "berdarah-darah", tetapi kami terus berjuang," ujar Bey.

Bey mengungkapkan pula harapannya agar Bandara Kertajati bisa segera menjadi hub penerbangan umrah nasional. Ia berharap penerbangan umrah dari Kertajati bisa mulai beroperasi pada awal 2025 mengingat besarnya permintaan dari Jabar dan sekitarnya.

“Kita akan terus berusaha agar Kertajati bisa ramai dan segala upaya sudah dan akan terus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut,” ujarnya

Sebelumnya, Bey juga meminta Komisaris Utama BIJB, Dedi Taufik untuk menjajaki kerjasama dengan Asosiasi Haji Umrah di Indonesia untuk meninjau langsung bandara dan meminta yang bersangkutan menjaga momentum positif embarkasi dan debarkasi jamaah haji beberapa waktu lalu yang berjalan baik.

"Saya harap ada kunjungan ke Bandara Kertajati, nanti komut Pak Dedi Taufik untuk mendampingi atau bahkan kalau bapak ibu mau kontrak buat counter di sana, kami persilakan nanti langsung karena saya yakin tidak akan mengecewakan. Jadi kami bayangkan, dari seluruh Indonesia, Makassar, Medan, ke Kertajati dulu untuk transit dan baru berangkat umrah atau haji," ucap Bey.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id