#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37

Saudia Airlines Luncurkan Layanan Pesawat Jet Listrik, Bakal Mulai Mengudara pada 2026

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 16 Oktober 2024, 10:28:39

STOCK-Saudia-Airlines_18f5df61717_large.jpg

HIMPUHNEWS - Maskapai penerbangan Arab Saudi, Saudia Airlines bersiap untuk meluncurkan layanan penerbangan Pesawat Jet listrik dalam waktu dekat. Pesawat Jet Listrik yang dikembangkan oleh produsen Jerman Lilium, menandai langkah menuju penerbangan komersial tanpa karbon untuk pesawat berukuran sedang.

Daniel Wiegand, salah satu pendiri dan kepala teknisi inovasi di Lilium, mencatat bahwa Saudia dan Lilium  tengah mengkaji lebih jauh dari sekadar pesanan awal 50 jet, yang dibeli Saudia dengan harga masing-masing setidaknya $7 juta (Rp108 miliar), dengan opsi untuk tambahan 50 jet, sebagaimana dilaporkan oleh Saudia.

Dilansir dari Gulf News, Lilium bermaksud meluncurkan pesawat listrik berkapasitas 50 hingga 80 kursi yang mampu terbang sejauh 1.000 kilometer pada tahun 2035, dan pesawat berkapasitas 100 kursi dengan jangkauan 2.000 kilometer pada tahun 2045.

Pejabat Saudia memamerkan jet tersebut untuk pertama kalinya di forum logistik global di Riyadh minggu ini, mengumumkan bahwa unit pertama akan mulai beroperasi pada tahun 2026, dengan lebih banyak lagi yang akan menyusul dari jalur produksi Munich.

Selain Lilium, ada tujuh produsen pesawat listrik utama lainnya, yang utamanya dipasarkan sebagai taksi udara atau mobil terbang. Kota futuristik Saudi Neom juga menggunakan model yang lebih kecil bernama Volocopter, yang menyerupai helikopter.

Jet Lilium memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat vertikal tanpa rotor. Meskipun desain ini menghabiskan lebih banyak daya baterai, ia memfasilitasi naik dan turun pesawat dengan cepat di helipad perkotaan, sehingga menghilangkan kebutuhan akan landasan pacu.

Jet tersebut akan tersedia dalam dua konfigurasi: empat tempat duduk mewah dan enam tempat duduk, yang menawarkan layanan reguler dari Jeddah dan Riyadh ke tempat wisata dan ziarah terdekat dalam radius 175 kilometer.

Wiegand menekankan bahwa jet listrik lebih murah untuk dioperasikan daripada pesawat tradisional dan, dengan paket baterai yang terletak di sayap alih-alih tangki bahan bakar, ia menghasilkan lebih sedikit kebisingan.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id