#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Ini Hal Penting yang Harus Calon Jemaah Ketahui Sebelum Daftar Haji Furoda

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 16 Desember 2022, 11:46:33

FotoJet - 2022-12-16T115828.526.jpg

HIMPUHNEWS - Banyak orang beranggapan ketika jemaah membeli paket Haji Furoda berarti dia akan langsung berangkat di tahun yang sama.

Menurut Sekretaris Jenderal Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh), Muhammad Firman Taufik, anggapan semacam itu tidak sepenuhnya benar.

Firman mengatakan, tidak ada jaminan bagi jemaah yang membeli paket Haji Furoda bisa langsung berangkat ke Tanah Suci.

Pasalnya visa mujamalah yang menjadi surat izin masuk ke Arab Saudi bagi jemaah Haji Furoda tidak bisa dipastikan ketersediaanya.

Haji Furoda sangat beresiko, belum tentu visa mujamalah nya tersedia. Kalaupun tersedia, kerapkali visa tersebut baru ada pada last minute.

Karena beresiko, Firman mengimbau agar calon jemaah Haji Furoda meminta kepada penyelenggara, dalam hal ini Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) untuk memberikan jaminan uang kembali secara tertulis apabila visa mujamalah tidak keluar di tahun itu.

"Kalau PIHK tidak berani jamin uang kembali secara tertulis maka jangan daftar," kata Firman dalam acara Konferensi Pers ISRA Festival, Rabu (14/12/2022) di Jakarta.

Firman menegaskan, bahwa seluruh PIHK yang tergabung dalam keanggotaan Himpuh dituntut untuk memberikan jaminan semacam itu, gagal berangkat uang kembali.

"Dengan catatan, dipotong biaya yang memang sudah keluar, dan itu dikuatkan dengan bukti-bukti pengeluaran yang lengkap. Prosedur ini seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019," jelas Firman.

"Jadi kalau jemaah tanya dimana cari penyelenggara Haji Furoda yang bagus? Jawaban saya, ya di PIHK anggota Himpuh," pungkas Firman.

Untuk informasi tambahan, Haji Furoda cukup diminati oleh masyarakat muslim Indonesia. Menurut data Kementerian Agama, jemaah yang mendaftar Haji Furoda pada tahun 2022 mencapai sebanyak 2.272 orang.

Pembahasan tentang Haji Furoda akan dikupas tuntas oleh Himpuh dalam sebuah acara Talkhsow pada kegiatan ISRA Festival di Jakarta Convention Center (JCC) pada 23-15 Desember 2022. Jangan sampai ketinggalan ya.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id