#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Bakal Diperluas 10 Lali Lipat, Masjid Quba Bisa Tampung 66 Ribu Jemaah

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 30 Desember 2022, 13:53:11

FotoJet - 2022-12-30T135846.887.jpg

HIMPUHNEWS - Masjid yang pertama di bangun oleh Nabi Muhammad SAW di Madinah, Masjid Quba akan diperluas hingga 10 kali lipat.

Dengan perluasan itu, kapasitas Masjid Quba bisa menampung sekitar 66.000 jamaah dan akan menjadi masjid terbesar ketiga di Arab Saudi setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Proyek perluasan Masjid Quba pertama kali diumumkan oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) pada awal Ramadhan 2022 lalu.

Otoritas Pengembangan Wilayah Madinah (MRDA) telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan tahap pertama proyek perluasan Masjid Quba.

Pada tahap pertama perluasan, otoritas mendesak pemilik lahan yang berlokasi di dalam proyek ini untuk segera mengosongkan properti mereka serta melaporkan ke pihak terkait.

MRDA kabarnya memberikan waktu sekitar satu bulan untuk proses pengambilalihan lahan sebelum memutus sambungan air, listrik, dan layanan lainnya. Sementara hingga kini lebih dari 200 lahan sudah dikosongkan.

Walau begitu, pihak otoritas akan tetap melestarikan bahkan menambah jumlah pohon palem dan peternakan yang berada di komplek masjid sebagai situs sejarah.

Sementara itu, Emir Madinah Pangeran Faisal bin Salman, pada sesi pembukaan Pameran Proyek Madinah berjudul MEDEX 2022 menyebut, progres perluasan Masjid Quba yang ambisius itu akan segera terlihat dalam beberapa bulan mendatang.

Ia menyebut pihaknya akan fokus dalam pembangunan proyek yang gagas oleh Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman itu.

Nantinya Masjid Quba akan dibangun dengan karakteristik gaya perkotaan, serta akan dibangun monumen sejarah yaitu Quba Center yang terletak di dekat masjid.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id