#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Jabal Al-Bidaa, Gunung Api Terindah dan Terlangka di Jazirah Arab

Kategori : Berita, Destinasi, Ditulis pada : 11 Januari 2023, 16:46:18

Jabal Al Bida.jpg

HIMPUHNEWS - Di wilayah Madinah, Arab Saudi terdapat Jabal Al-Bidaa, sebuah gunung berapi yang terletak di tengah Harrat Khaybar. Gunung ini paling menonjol di antara gunung berapi lain di wilayah tersebut.

Pasalnya gunung ini mempunyai warna putih yang indah. warna putih itu terbentuk dari susunan bebatuan comendit vulkanik.

Dilansir dari Arab News, Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut dan banyak tumbuhan gurun serta pepohonan yang tumbuh di atasnya.

Hingga kini, Jabal Al-Bidaa kerap menjadi tujuan para penjelajah, peneliti, dan turis dari seluruh dunia karena keindahannya.

Jabal Al Bidaa.jpg

Ketua Dewan Direksi Koperasi Geologi Saudi, Abdulaziz bin Laboun menyebut, Jabal Al-Bidaa adalah salah satu gunung berapi paling langka di Jazirah Arab dan dunia.

Menurutnya, wilayah Harrat Khaybar terdapat tiga gunung berapi langka, yaitu Jabal Al-Bidaa, Jabal Al-Abyad, dan Jabal Al-Mansaf.

Ia menyebut, gunung-gunung di wilayah itu terdiri dari batuan vulkanik asam abu-abu muda dan kaca vulkanik yang meledak ribuan tahun yang lalu sehingga memberinya warna putih mengkilau.

Bin Laboun mengatakan klasifikasi batuan vulkanik didasarkan pada tingkat kristalisasi butirannya dan persentase silika serta mineral lain yang ada di dalamnya.

"Batuan bersifat asam jika mengandung silika tinggi dan tampak seperti kaca, bergelembung, dan berbutir halus seperti riolit, andesit, trasit, dan komendit. Selain itu, juga bersifat basa ketika kadar silika rendah dan mineral piroksen dan olefin tinggi, seperti basal," ungkapnya

Bin Labound menambahkan, Kerajaan Arab Saudi adalah salah satu negara Arab dengan jumlah gunung api terbanyak yakni 23 gunung api, sementara Yaman memiliki 7, Suriah 6, Sudan 5 dan Libya 2.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id