#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Diperintah MBS, Saudi Komitmen Tingkatkan Hubungan Dagang dengan Indonesia

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 24 Januari 2023, 10:24:55

MbS.jpg

HIMPUHNEWS - Arab Saudi dan Republik Indonesia (RI) berkomitmen untuk sama-sama berusaha meningkatkan hubungan dagang kedua negara.

Menteri Perdagangan (Mendag) Arab Saudi, Majid bin Abdullah Al-Qasabi menyatakan, bahwa komitmen tersebut merupakan perintah langsung dari Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS).

"Sesuai perintah Pangeran MBS, hubungan dagang dengan Indonesia perlu ditingkatkan. Kedekatan Saudi dengan Indonesia adalah modal penting yang harus berimplikasi pada keuntungan ekonomi kedua negara," kata Majid dalam pertemuannya dengan Mendag RI, Zulkifli Hasan, seperti dilansir dari Kemendag.go.id, Selasa, (24/2/2023).

Majid mengaku bahwa selama ini kerja sama kedua negara belum maksimal.

"Selama ini kami cukup malu kerjasama dengan Indonesia belum maksimal. Akan kami perbaiki ke depan," ujarnya.

Senada dengan pernyataan Majid, Zulkifli Hasan atau yang karib disapa Zulhas juga menegaskan keinginan pemerintah Indonesia untuk semakin memperkuat kerjasama dagang kedua negara.

Pada tahun 2022, neraca perdagangan RI-Saudi mencapai USD 7 miliar. Masih defisit USD 3 miliar. Tetapi jika dikurangi sektor minyak dan gas, neraca perdagangan RI-Saudi surplus USD 1 miliar.

Menurut Mendag Zulhas, saat ini komitmen dan harapan pemerintah Indonesia adalah memperkuat aspek ekspor.

"Di samping itu, Indonesia juga ingin menjadikan Arab Saudi sebagai salah satu pasar utama produk-produk dari industri dan UMKM Indonesia," kata Mendag Zulhas.

Dia mengungkapkan adanya remcana untuk membangun pusat ritel modern di Arab Saudi.

"Dengan adanya gerai modern di Arab Saudi, maka upaya pelaku UKM untuk memasarkan produknya akan semakin mudah. Ini tentunya akan mendorong kinerja ekspor nasional," pungkas Mendag Zulhas.

Sementara itu, Presiden Indonesia Saudi Arabia Business Council (ISABC), M Hasan Gaido juga menyampaikan kesiapannya untuk mendorong pelaku usaha Indonesia agar ikut mengambil peluang pasar Arab Saudi.

"Mari kita bangun sinergi dan kolaborasi agar tujuannya tercapai, bagaimana produk Indonesia masuk pasar Saudi. ISABC akan hadir lagi dengan program Mini Expo di Jeddah dan Trade Mission pada 24 February 2023, yang akan dipimpin langsung oleh Vice President ISABC, Muhamad Budi Negoro," ungkap Hasan Gaido

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id