#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Beredar Info Ziarah Makkah-Madinah Ditutup Mulai 7 Maret 2023, Begini Kata Konsul Haji Jeddah

Kategori : Berita, Topik Hangat, Ditulis pada : 02 Maret 2023, 15:33:37

FotoJet (22).jpg

HIMPUHNEWS - Belum lama ini jagat maya dihebohkan oleh vidio yang menyebut ziarah ke Makkah dan Madinah akan ditutup mulai 7 Maret 2023 hingga Lebaran Idulfitri mendatang.

Pria yang muncul di vidio tersebut mengatakan, bahwa penutupan itu merupakan kebijakan dari Kerajaan Arab Saudi, sehingga jemaah tidak bisa melaksanakan umrah selama periode tersebut.

Namun setelah ditelusuri, ternyata informasi yang disebarkan oleh pria tersebut tidak benar adanya.

Menurut Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam, tidak ada informasi resmi dari Kerajaan Arab Saudi yang menyatakan ziarah Makkah dan Madinah ditutup.

"Informasi penutupan tempat-tempat ziarah di Makkah dan Madinah yang tersebar itu bukan dari Pemerintah Arab Saudi, tapi dari swasta," kata Nasrullah Jasam, Kamis (2/3/2023).

Nasrullah Jasa mengatakan, bahwa pihaknya telah menghubungi Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, namun hingga saat ini belum ada jawaban pasti.

"Tadi juga saya dapat informasi dari Syariah Mashariq, bahwa sebetulnya penutupan tempat-tempat ziarah itu berkaitan dengan tasri' atau surat izin. Jadi sebetulnya larangan itu hanya untuk kendaraan pribadi atau mobil-mobil yang tidak memiliki tasri'," jelas Nasrullah Jasam.

Hal senada juga dimuat dalam Instagram @jeddah.yuk. Dalam postingan itu dikatakan bahwa pemerintah Arab Saudi tidak pernah mengeluarkan pengumuman resmi apapun terkait penutupan ziarah Makkah dan Madinah.

Adapun referensi yang digunakan oleh pria penyebar informasi ziarah Makkah dan Madinah ditutup adalah sebuah pernyataan dari salah satu perusahaan transportasi di Arab Saudi.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id