#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Pesona Wadi Qanuna Dam, Bendungan Terbesar di Saudi yang Jadi Destinasi Wisata Favorit

Kategori : Berita, Ditulis pada : 08 Maret 2023, 10:36:18

Wadi Qanuna  1.jpg

HIMPUHNEWS - Arab Saudi tak hanya memiliki gurun pasir dan gunung berbatu yang dijadikan sebagai area wisata.

Ternyata di salah satu kawasan Lembah Qanuna, terdapat bendungan yang digandrungi wisatawan karena pemandangannya yang sangat indah dan menakjubkan yakni Wadi Qanuna Dam.

Dilansir dari Arab News, Selasa (7/3/2023), Wadi Qanuna Dam merupakan salah satu bendungan terbesar di Kerajaan Arab Saudi dengan kapasitas 79,2 juta meter kubik air.

Struktur bendungan ini memiliki panjang 326 meter dan tingginya 70 meter dan berisi pabrik pemurnian air, dengan kapasitas produksi harian 18 ribu meter kubik. Setelah diolah, air akan dialirkan ke daerah penerima manfaat.

Wadi Qanuna 2.jpg

Bendungan ini terletak di lembah Qanuna, salah satu daerah terindah di Arab Saudi. Di sepanjang tahun, air terus mengalir dari bendungan melalui lembah serta dihiasi perkebunan, pohon palem, dan pohon abadi yang tersebar di sepanjang sisinya bendungan.

Tempat yang menakjubkan ini juga tercatat sebagai tujuan wisata populer, terutama selama musim dingin lembah ini tidak hanya dihiasi oleh air mengalir dan keindahan alamnya saja, tetapi juga formasi batuan yang unik dan prasasti arkeologi.

Selain itu, disepanjang sisi bendungan terdapat jalan membentang yang memungkinkan pengunjung kesempatan untuk melihat pemandangan yang menakjubkan.

Wadi Qanuna .jpg

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id