#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Jemaah Wajib Tahu, Inilah 3 Bus untuk Pelayanan Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi

Kategori : Berita, Ditulis pada : 16 April 2023, 06:13:18

FotoJet (103).jpg

HIMPUHNEWS - Direktur Layanan Haji Luar Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Subhan Cholid menyebut ada tiga bus yang akan melayani jemaah haji Indonesia di Arab Saudi.

Menurutnya, ketiga bus tersebut yakni bus antar kota, bus shalawat dan bus masyair yang mengantar jemaah pada puncak haji dengan rute Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

"Selama di Arab Saudi, jemaah haji Indonesia mendapat layanan transportasi yang meliputi bus antar kota, bus shalawat dan bus masyair," kata Subhan saat Bimbingan Teknis Terintegrasi PPIH Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Ia menjelaskan, bus antar kota adalah angkutan jemaah haji antar kota perhajian dengan rute Bandara Madinah ke Kota Madinah, Madinah ke Makkah, Makkah ke Jeddah, Makkah ke Madinah, dan Madinah ke Bandara Madinah (Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz/ AMAA)

Sementara bus shalawat adalah layanan untuk mengantarkan jemaah haji melaksanakan sholat lima waktu ke Masjidil Haram atau untuk mengangkut jemaah dari Masjidil Haram ke pemondokan.

Bus sholawat disediakan berdasarkan ketentuan Ta’limatul Hajj yang mewajibkan misi haji jika menempatkan jemaah haji pada wilayah dengan jarak 2 kilometer. Layanan bus shalawat ini beroperasi selama 24 jam yang dilengkapi dengan rute, halte dan terminal.

Sedangkan bus masyair yang mengantar jemaah pada puncak haji menuju rute Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

"Bus masyair adalah angkutan jemaah haji dengan rute Makkah ke Arafah, Arafah ke Muzdalifah, Muzdalifah ke Mina dan Mina ke Makkah," ujar Subhan.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id