#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Sering Dengar Istilah Amirul Hajj? Ternyata Ini Tugas Mereka

Kategori : Khazanah, Ditulis pada : 04 Mei 2023, 07:04:06

IMG-20230504-WA0005.jpg

HIMPUHNEWS - Amirul Hajj adalah pemimpin misi haji Indonesia di Arab Saudi.

Tugas Amirul Hajj antara lain melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi.

Dalam setiap pelaksanaan ibadah haji, pemerintah Indonesia menugaskan atau memberangkatkan sebuah tim yang disebut sebagai Amirul Hajj.

Tugas Amirul Hajj

Tugas utama dari Amirul Hajj adalah membantu pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag), untuk memastikan penyelenggaraan haji berjalan dengan lancar.

Namun, secara lebih rinci tugas delegasi Amirul Hajj terdiri dari dua hal.

1. Memastikan para jemaah dapat melakukan ibadah haji dengan baik sesuai syariat Islam.

2. Memastikan pelayanan haji secara optimal baik dari teknis penyelenggaraan ibadah haji urusan transportasi, akomodasi, katering, dan hal teknis lainnya.

Sehingga para jemaah merasa nyaman selama melaksanakan rangkaian ibadah Termasuk senantiasa mengingatkan para jemaah untuk terus menjaga kesehatan di tengah kondisi terik Saudi, agar proses ibadah bisa dilaksanakan dengan baik dalam kondisi fisik yang sehat.

Selain itu, Amirul Hajj juga bertugas melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kondisi yang ada di lapangan baik kepada jemaah maupun pembimbing haji.

Amirul Hajj juga harus mengevaluasi terkait pelaksanaan ibadah haji. Evaluasi dilakukan dengan cara menyerap seluruh informasi dalam pelaksanaan haji, baik dari penyelenggara maupun jemaah.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id