#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Tips Sehat Ala Mbah Harun, Jemaah Haji Tertua yang Tetap Sehat di Usia 119 Tahun

Kategori : Berita, Ditulis pada : 10 Mei 2023, 16:36:53

Mbah Harun (1).jpg

HIMPUHNEWS - Tahun ini, Indonesia akan kembali memberangkatkan jemaah haji lanjut usia (lansia) setelah tahun lalu tidak diperbolehkan oleh Arab Saudi karena alasan pandemi Covid-19.

Mbah Harun, adalah salah satu jemaah lansia asal Madura, Jawa Timur yang akan diberangkatkan. Menurut catatan Kemenag, Mbah Harun merupakan jemaah paling tua, kini usia nya sudah 119 tahun.

Uniknya, di usia yang sudah begitu senja, Mbah Harus masih tampak sehat, juga masih mampu melakukan percakapan dengan baik.

Ia pun menyampaikan rahasia dibalik kemampuannya menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Menurutnya, ada dua kebiasaan yang selalu ia lakukan, yaitu minum air hangat serta mengkonsumsi makanan non kimia.

Dalam mempersiapkan kondisi fisik jelang berhaji, Mbah Harun menyempatkan diri untuk berjalan santai, berkeliling di halaman rumahnya setip hari.

"Alhamdulillah bisa berangkat haji tahun ini, mbah sangat senang," tutur Mbah Harun dikutip dari YouTube Informasi Haji, Rabu (10/5/2023).

Mbah Harun mendaftar haji pada tahun 2017 dari hasil menjual tanah di dekat tempat tinggalnya. Meski mendapat jadwal tunggu hingga tahun 2046, namun melalui kuota prioritas lansia, Mbah Harun akhirnya bisa berangkat pada penyelenggaraan haji tahun 1444 H/2023 M.

Mbah Harun mengungkap dirinya siap berangkat haji tahun ini dengan berbekal doa dan bantuan dari keluarga, pihak KBIHU, serta Kantor Kemenag Kabupaten Pamekasan.

Mbah Harun akan berangkat haji tahun ini tanpa pendamping, pasalnya putra putrinya sudah tidak ada istrinya sudah meninggal.

Sementara terkait persiapan Vaksin, Paspor, Bio Visa Mbah Harun telah menyelesaikan semua termasuk sudah menyelesaikan pelunasan biaya haji, dan secara khusus layanan manasik juga sudah diberikan oleh kawan kawan KBIH Pamekasan.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id