#BersihAmanahProfesional
(021) 83780435 - 37
info@himpuh.or.id
082230139999

Memahami Nafar Awal dan Tsani, Serta Implikasinya Terhadap Keabsahaan Haji

Kategori : Khazanah, Topik Hangat, Ditulis pada : 30 Juni 2023, 13:06:27

FotoJet (240).jpg

HIMPUHNEWS - Nafar secara bahasa dapat diartikan sebagai rombongan. Namun secara istilah, kata Nafar kerap digunakan untuk menggambarkan keberangkatan sekelompok orang untuk meninggalkan Mina.

Firman Arifandi dalam bukunya berjudul Perihal Penting Haji yang Sering Ditanyakan disebutkan bahwa Nafar terbagi dua, ada Nafar awal dan Nafar tsani.

Nafar Awal adalah rombongan keberangkatan yang akan meninggalkan Mina lebih awal yakni sebelum senja 12 Dzulhijjah berakhir.

Sementara Nafar Tsani adalah mereka yang masih ingin berdiam sehari lagi di Mina hingga 13 Dzulhijjah dan kembali melakukan jumrah.

Firman menuturkan, dasar hukum atau ketentuan dibolehkan pulang lebih awal untuk nafar awal itu sudah sesuai firman Allah salam surah Al-Baqarah Ayat 203:

وَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ فِىٓ أَيَّامٍ مَّعْدُودَٰتٍ ۚ فَمَن تَعَجَّلَ فِى يَوْمَيْنِ فَلَآ إِثْمَ عَلَيْهِ وَمَن تَأَخَّرَ فَلَآ إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ لِمَنِ ٱتَّقَىٰ ۗ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

"Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya.

Ada sejumlah kesimpulan para ulama terkait nafar awal dan tsani ini, yakni:

a) Nafar Awal tidak boleh berdiam di Mina lewat dari sore akhir 12 Dzulhijjah, karena bila sampai Maghrib masih di sana berarti masuk tanggal 13 dan harus melanjutkan Nafar Tsani.

b) Melakukan Nafar Awal jika memang ada keperluan yang mendesak atau memang sudah tidak mampu lagi untuk melanjutkan hingga tanggal 13 Dzulhijjah.

Meski Nafar ini merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam penyelenggaraan haji, namun baik yang melakukan Nafar Awal atau Tsani, keduanya tidak akan mempengaruhi keabsahan dan kemabruran haji.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id